Tugas Penjasorkes kelas XII Permainan Bola Besar

1. Dalam suatu pertandingan sepak bola, menurut pengamatan pemain dan pelatih, wasit lalai dalam menjalankan atau memimpin pertandingan, sehingga menimbulkan keributan diantara ke dua kesebelasan. Kemudian kapten regu, meminta kepada pengawas pertandingan agar wasit tersebut diganti (apabila tidak dikabulkan kedua kesebelasan tidak mau melanjutkan pertandingan). Apa tindakan pengawas pertandingan terhadap peristiwa tersebut ? Beri penjelasan sesuai dengan peraturan permainan sepak bola yang berlaku !
2. Dalam pertandingan bola volley, menurut pengamatan pemain ∂άϞ pelatih, wasit lalai dalam menjalankan atau memimpin pertandingan, sehingga menimbulkan keributan diantara ke dua kesebelasan. Kemudian kapten regu, meminta kepada pengawas pertandingan agar wasit tersebut diganti (apabila tidak dikabulkan kedua kesebelasan tidak mau melanjutkan pertandingan). Apa tindakan pengawas pertandingan terhadap peristiwa tersebut ? Beri penjelasan sesuai dengan peraturan permainan bola volley yang berlaku !

Petunjuk mengerjakan :
1. Nomor absen ganjil mengerjakan soal nomor 1, nomor absen genap mengerjakan nomor 2.
2. Tugas dikirim paling lambat tanggal 1 Maret 2012
3. Alamat email :
Kukuh.budiharso@gmail.com
Kukuh.budiharso@facebook.com
Kukuh_budiharso@yahoo.co.id
4. Jawaban tidak boleh sama persis
5. Selamat mengerjakan

13 Responses to Tugas Penjasorkes kelas XII Permainan Bola Besar

  1. siti rohmah says:

    jika wasit lalai akan terjadi keributan antara dua tim.
    seorang wasit harus bekerja secara profesional.
    alangkah baiknya wasit seperti itu tidak usah digunakan.
    jika kedua tim tidak mau melanjutkan pertandingan akan terjadi kericuhan antar pendukung.

  2. Endah,Daryanti,Yusuf,Lilis,Khusnul,Agus says:

    1.Voli
    Dalam melaksanakan tugas sebaiknya wasit melaksanakan tugas dengan baik jika melaksanakan tugas gtersebut ada kesalahan sebaiknya diganti.
    2.Sepak bola
    Tindakan pengawas adalah mengganti wasit tersebut untuk keluar dan lalu menggantinya dengan wasit yang baru.

  3. Wa'ani musyarofah says:

    1.Tindakan pengawas mengganti seorang wasit yang bisa bertanggung jawab dan tidak lalai dalam menjalankan tugasnya dalam memimpin sebuah turnamen/pertandingan.
    2.Seorang wasit harus diberi pengarahan agar tidak melanggar apa yang seharusnya menjadi tugasnya sebagia wasit.

  4. Hidayah rohmah says:

    1.Bola volly
    Seharusnya wasit harus tegas dalam mengambil keputusan dan sebaiknya wasit tsb diganti dgn wasit yang baru sehingga wasit yang baru dan yang tadi harus di beri arahan dlm melakukan tugas tsb dlm pertandingan itu
    2 Sepak bola
    Wasit yang melakukan keslhan s’baiknya di ganti yg bru dan yang wasit tadi di beri arahan dlm mengambil kputsan agar di kemudian hari wasit yang melakukan kesalahan tdi tdk melakukan keslhan lagi di kemudian hari dalam melaksanakan tugas tsb

  5. Puji hidayati says:

    1.Tindakan pengawas harus mengganti seorang wasit yang benar-benar bisa bertanggung jawab dan dalam memimpin pertandingan(sepak bola).
    2.Wasit harus diberi pengarahan tentang apa yang seharusnya dilakukan.(bola voli)

  6. Puji hidayati says:

    1.Tindakan yang dilakukan oleh wasit untuk mengawasi suatu tim dalam permainan di lapangan(sepak bola).
    2.Tindakan yang dilakukan mengganti wasit dalam pertandingan bola voli

  7. Umi faidah says:

    2.Tindakan wasit sebaiknya diganti dengan yang lain,sesuai yang di inginkan kedua kesebelasan dan diberi peringatan sebelum menjalankan tugasnya(sepak bola)

  8. Novita sari says:

    1.Tindakan pengawas adalah mengganti wasit sesuai dengan keinginan pemain dan pelatih(sepak bola).
    2.Tindakan pengawas adalah mengganti dengan yang baru sesuai keinginan pemain dan pelatih dan memberi hukuman kepada wasit sebelumnya.

  9. Sindu ambar sari says:

    1.Tindakan pengawas pertandingan sepak bola sebaiknya wasit di ganti menurut pemain dan pelatihnya untuk menghindari kelalaian wasit selanjutnya.
    2.wasit diberi pengarahan supaya tidak lalai menjalankan tugasnya,dalam permainan bola voli dapat berjalan dengan lancar.

  10. Umi faidah says:

    Tindakan pengawas pertandingan bola voli sebaiknya wasit di beri peringatan agar tidak ceroboh dalam menjalankan tugasnya.Dan memutuskan permasalahan itu dengan adil,tidak merugikan kedua kesebelasan.

  11. Siti nurhasanah says:

    Tindakan pengawas pertandingan bola voli sebaiknya wasit diganti dan diberi kesepakatan supaya tidak lalai lagi menjalankan tugasnya seperti wasit sebelumnya.Dan mengganti sesui dengan apa yang diinginkan kedua kesebelasan.
    Lalu, selanjutnya menjalankan pertandingan sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam pertandingan bola voli.

  12. Anggun Lutfi Mustika Dewi

    lebih baik pengawas mengintruksikan kepada panitia pelaksana untuk mengganti wasit pertandingan agar permainan bisa berlanjut. karena kalau tidak dilanjutkan, akan memungkinkan penonton berbuat anarkis,dan selanjutnya pengawas memberikan teguran atau peringatan kepada wasit tersebut untuk tidak mengulangi kepemimpinan dilapangan.

  13. Anggun Lutfi Mustika Dewi says:

    lebih baik pengawas mengintruksikan kepada panitia pelaksana untuk mengganti wasit pertandingan agar permainan bisa berlanjut. karena kalau tidak dilanjutkan, akan memungkinkan penonton berbuat anarkis,dan selanjutnya pengawas memberikan teguran atau peringatan kepada wasit tersebut untuk tidak mengulangi kepemimpinan dilapangan.

Tinggalkan komentar