Tips Belanja dengan Diskon

Tips Belanja dengan Diskon

Tawaran diskon dan potongan harga ‘big sale’  atau ‘great sale’ atau ‘70% off’ yang terpampang di display pada berbagai tempat belanja memancing mata kita untuk melongoknya lebih dekat. Terlebih waktu penawarannya yang biasanya diadakan pada menjelang akhir-akhir bulan dan pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu, merupakan saat yang tepat untuk memancing ketertarikan para pembeli karena iming-iming diskon dan potongan harganya.

Dalam keadaan yang emosional dan penuh hasrat, maka tanpa terasa dengan mudah kita mengeluarkan isi dompet atau menggesek kartu kredit tanpa mempertimbangkan penting atau tidaknya. Agar tak menyesal setelahnya, menggunakan akal sehat kita tanpa melibatkan unsur perasaan yang emosional, maka penawaran diskon-diskon tersebut dapat kita manfaatkan sebaik mungkin.

Sejumlah cara dan panduan dalam menyiasati penawaran-penawaran diskon dan potongan harga tersebut akan disajikan berikut ini agar tak mudah tersesat dan terjebak oleh hal tersebut.

  • Menyediakan dan meluangkan waktu khusus untuk menghadiri acara-acara diskon tersebut dengan mengakses informasi melalui surat kabar, majalah dan sumber informasi lainnya. Berbelanja yang terburu-buru dan tidak terencana membuat kita ceroboh memilih dan memilah suatu produk dan kualitasnya, dengan meluangkan waktu khusus hal itu dapat dihindari.
  • Hendaknya diperhatikan dengan teliti dan seksama kualitas dan nilainya, agar kita tak mudah terjebak pada tawaran diskon dan obral. Sehingga selain mendapatkan barang dengan nilai yang murah, juga memperoleh barang dengan kualitas yang baik dan tidak cacat.
  • Tawaran diskon dan potongan memang menggiurkan, namun jangan terlena, tetaplah melakukan perbandingan antara dua atau beberapa jenis produk yang sejenis yang sedang didiskon. Dengan membandingkan berat dan merk, kita dapat mengetahui mana yang sesungguhnya lebih murah, sehingga tujuan awal untuk menghemat dapat tercapai.
  • Hindarilah membeli produk yang memang sengaja didiskon besar-besaran namun tidak menjadi kebutuhan kita, karena akan memancing kita untuk impluse buying, tanpa tahu kegunaan dan manfaatnya bagi kita.

Dan juga tidaklah salah untuk mengunjungi beberapa supermarket atau toko untuk mengetahui harga normal produk-produk yang sedang didiskon tersebut, sehingga kita mengetahui benar atau tidaknva sebuah produk mengalami potongan/penurunan harga jika kita memang memiliki waktu berlebih. (Koran SM)

Artikel terkait :

2 Responses to Tips Belanja dengan Diskon

  1. jtxtop1 mengatakan:

    btw infonya keren and berguna. ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: