GPS Pandu Perjalanan Pemudik

Mudik sering kali diawali dengan perasaan rindu mendalam. Kerinduan baru terobati setelah bertemu sanak saudara di kampung halaman. Namun perasaan kesal kadang menyertai pemudik, lantaran diterpa kemacetan di jalan, atau salah jalur. apalagi saat menempuh perjalanan ke daerah yang tidak dikenal. Bisa-bisa mereka tidak sampai di rumah sesuai jadwal.

Untuk itu sebagai langkah antisipasi agar tidak salah jalan atau guna mencari jalan alternatif, ada baiknya pemudik membekali diri dengan global positioning system (GPS). Alat navigasi ini akan menjadi penolong dalam menuntun arah selama perjalanan.

 Alat inipun sekarang semakin mudah didapat dalam merek berbagai macam. Bahkan beberapa produsen head unit membenamkan peta digital tersebut pada perangkat produknya dan menjadi fitur unggulan. Alat navigasi seperti ini juga memberikan akses mudah ke hampir semua tujuan. Contohnya panduan ke stasiun pengisian bahan bakar, tempat wisata, ATM, area tempat bisnis, serta kuliner.

Begitupula dengan panduan suara. sewaktu jalan raya ditampilkan ke layar, panduan suara memberi tahu nama jalan pada belokan berikutnya. Sistem juga dapat memberi tahu arah yang akan di tuju.

Terlepas dari bentuk dan model, GPS yang terpenting adalah fungsinya, yakni sebagai panduan perjalanan agar tidak tersesat, meski keberadaannya di tengah kota yang belum dikenal. Hebatnya lagi, produk GPS terbaru saat ini bisa di setting dengan masukan rencana perjalanan.

Selain bermanfaat agar tidak tersesat di jalan, GPS juga berguna agar mobil susah dicuri maling. Ada beberapa kasus pencurian berhasil digagalkan berkat pelacak GPS yang dipasang pada mobil. Dengan adanya pelacak GPS inibisa ketahuan posisi mobil berada. Dengan demikian, perjalanan menjadi lancar, mobilpun aman. (SM)

Artikel terkait :

2 Responses to GPS Pandu Perjalanan Pemudik

  1. Ping-balik: Melepas Penat Perjalanan dengan Perangkat Hiburan « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: