Hindari Minuman Dingin Saat Berbuka Puasa

Cuaca panas dan terik saat menjalani puasa sangat nikmat apabila buka puasa nanti diawali dengan minuman dingin yang segar. Namun tahukah anda kebiasaan minum minuman dingin saat berbuka puasa adalah kebiasaan yang tidak sehat.

Kondisi lambung yang kosong dari makanan selama 14 jam, kemudian tiba-tiba di isi dengan minuman dingin lambung akan terkejut yang mmenyebabkan kontraksi. Disarankan saat berbuka puasa dengan minuman manis yang hangat untuk menstabilkan lambung yang kosong. Lima sampai sepuluh menit kemudian, barulah boleh minuman dingin karena kondisi perut sudah stabil. Namun alangkah baiknya jika diisi dulu dengan makanan manis, seperti kurma dan kolak sebagai adaptasi terhadap pencernaan.

Agar ibadah puasa berjalan lancar, biasakan memperbanyak minum air putih saat akan tidur malam dan saat sahur sampai dua liter. Lalu perbanyaklah makan sayur dan buah berseratuntuk menjaga daya tahan tubuh serta mengurangi lapar karena makanan berserat dapat menjaga daya tampungair dalam lambung ( Koran SM)

artikel Terkait :

One Response to Hindari Minuman Dingin Saat Berbuka Puasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: