Puasa Sebagai Detoksifikasi Pada Tubuh

Walaupun saat berpuasa asupan makanan hanya pada saat sahur dan berbuka, sebenarnya tubuh teetap menghasilkan energi. Energi dihasilkan dengan membakar sumber daya yang disimpan oleh tubuh, yang terdiri dari lemak, karbohidrat dan gula.

Hati adalah organ yang paling berperan dalam proses ini. hati mengubah lemak menjadi zat kimia yang disebut keton. Keton berupa tiga senyawa larut dalam air yang kemudian digunakan sebagai sumber energi.

Dari puasa, justru tubuh banyak mengambil manfaat. salah satunya adalah detoksifikasi. Detoksifikasi terjadi saat usus besar, hati, ginjal, dan paru-paru, kelenjar getah bening, dan kulit menghilangkan atau menetralkan racun. Proses ini dipercepat saat puasa karena tubuh memecah lemak. bahan kimia dan racun yang diserap dari makanan  dan lingkungan yang disimpan dalam cadangan lemak, dilepaskan selama puasa.

Puasa juga menjadi penyembuh bagi tubuh, pikiran, dan jiwa dengan cara yang simultan. Pada tingkat fisik, energi, dan sumber daya dialihkan dari sistem pencernaan ke sistem kekebalan tubuh dan proses metabolisme seehingga kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dan membangaun kembali berjalan normal. (SM)

artikel terkait :

One Response to Puasa Sebagai Detoksifikasi Pada Tubuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: