Mempersiapkan Kehamilan Sehat

Mempersiapkan Kehamilan Sehat

Dalam merencanakan kehamilan, perempuan perlu mempersiapkan tubuh dengan menjaga pola makan yang sehat. Tujuannya, agar kehamilan berjalan lancar dan baik si ibu atau si janin dalam kondisi sehat selama proses kehamilan. Perlu diketahui, untuk melahirkan anak yang pandai dan tidak bermasalah, perempuan perlu memerhatikan asupan gizi yang baik dan seimbang.

Terdapat lima faktor yang perlu dipersiapkan pada masa prakehamilan. Agar si lbu dan calon buah hati senantiasa dalam kondisi sehat hingga proses persaiinan.

1. Body Mass lndex (lndeks Massa Tubuh)

Pastikan Body Mass lndex (BMl) si ibu normal sebelum hamil atau saat persiapan kehamilan. Angka BMI didapat dengan cara berat badan (BB) dibagi tinggi badan (TB) dalam satuan meter kuadrat.

BMI = BB kg : (TB meter)2

Jika hasil BMI 18,5-22,9 bisa dikatakan normal.

2. Kebutuhan Kalori

Komposisi zat gizi seimbang dibutuhkan oleh perempuan dalam mempersiapkan kehamilan. Pastikan kebutuhan kalori prakehamilan terpenuhi, yakni 2.050 kkal per hari. Zat gizi seimbang harian didapatkan dari karbohidrat 50-60 persen, lemak 30 persen, protein 15 persen. Yang penting diperhatikan adalah pola makan sehat dengan memperhatikan jumlah, jenis dan jadwal.

3. Jangan terlalu kurus atau gemuk

Sehat sebelum kehamilan, terrnasuk juga faktor berat badan atau tubuh yang proporsional antara tinggi dan berat badan. Berat badan ideal bias dihitung dengan rumus : 90% x (TB cm – 100). Namun, apabila tinggi badan si ibu kurang dari 150 sentimeter, iumusnya menjadi : (TB cm – 100)

4. Hindari rokok, alkohol dan narkoba

Konsumsi rokok atau alkohol perlu dihindari dari kehidupan perempuan. Bagaimanapun, racun rokok ada di tubuh, masuk ke dalam pembuluh darah. Rokok berpengaruh pada kerusakan sel. Kebiasaan buruk ini mungkin saja membuat bayi lahir tidak normal.

5. Lingkungan sehat

Lingkungan yang sehat sangat memegang peranan penting bagi perempuan yang sedang mempersiapkan kehamilan. Perempuan yang tinggal di perkotaan memang lebih sulut mendapatkan lingkungan sehat, apalagi dengan adanya polusi udara, Namun, radikal bebas bisa dilawan dengan gaya hidup sehat, rutin berolahraga yang disertai pola makan yang sehat. Calon ibu perlu memilih asupan antioksidan tinggi dari buah dan sayur, serta asupan kaya nutrisi lainnya. Asupan vitamin C dan E bisa membantu mengatasi pengaruh radikal bebas yang berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh pada masa prakehamilan dapat membantu ibu hamil saat mengalami gangguan pada proses kehamilan. Hal ini dikarenakan ibu hamil memiliki cadangan nutrisi dalam tubuh. (Koran SM)

Artikel terkait :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: