Agar Anak Tumbuh Optimal

Agar Anak Tumbuh Optimal

Kebutuhan asupan nutrisi yang tepat dibutuhkan oleh anak sesuai tahapan usianya. Anak usia 1-6  tahun memerlukan asupan nutrisi khusus agar tumbuh kembang optimal. Sementara anak usia 7-12 tahun, juga membutuhkan gizi khusus agar lebih berenergi dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Asupan khusus yang menyesuaikan usia anak, sebagai pendukung dari pemenuhan gizi seimbang sejak dini. Pemenuhan kebutuhan nutrisi yang tepat, akan membuat anak tumbuh berkualitas.

Pada usia tertentu, anak harus mencapai tinggi tertentu. Pertumbuhan otak anak juga harus baik, agar tumbuh kembang fisik dan mentalnya optimal. Oleh karena itu, kebutuhan anak yang berbeda sesuai tahapan usianya, perlu dipenuhi oleh orang tua. Misalnya, dengan pemenuhan kebutuhan spesifik dalam makanannya.

Untuk anak usia 7-12 tahun, kebutuhan makanan anak adalah untuk menunjang pertumbuhan otak dan tubuhnya (tinggi badan dan pertumbuhan tulang). Pertumbuhan anak pada tahapan usia ini, terfokus pada penambahan tinggi tubuh dan optimalisasi volume otak. Namun, anak tumbuh tinggi dan pintar, merupakan fokus pertumbuhan anak usia 1-7 tahun, disamping perkembangan psikis.

Menu gizi seimbang dengan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin A dan D, kalsium, magnesium dan mineral, penting bagi tumbuh kembang anak usia 1- 7 tahun. Selain menu harian di rumah, kebutuhan asupan gizi juga bisa didapatkan dari susu. Walaupun susu mengandung semua kebutuhan gizi anak, namun dalam hal pemenuhan akan serat tidak dapat diperoleh dari susu. Oleh karena itu, perlu ditambah dengan asupan buah dan sayuran sehingga susu berperan penting hanya untuk menutupi kebutuhan gizi anak.

Untuk pertumbuhan tulang yang optimal, pastikan anak usia 4-8 tahun mengkonsumsi kalsium 800 miligram per hari. Untuk anak usia 9-13 tahun penuhi kebutuhan kalsiumnya sebanyak 1300 miligram per hari. Kalsium tak hanya dibutuhkan untuk tulang, namun juga dibutuhkan otot untuk bergerak. Anak usia 7-12, biasanya lebih banyak bergerak sehingga penyediaan energi menjadi hal yang utama. Anak usia ini cenderung lebih banyak beraktivitas dan memang sudah semestinya anak 7-12 tahun untuk lebih banyak bermain. Pada usia ini vitamin memegang peranan penting, seperti vitamin B1, B6, B12.

Dengan memahami kebutuhan nutrisi khusus anak sesuai usia, orang tua bisa memastikan anak menjalani pola makan tepat. Metabolisme tubuh anak tidak mengalami gangguan sehingga terhindar dari berbagai penyakit seperti obesitas atau kolesterol. Sistem tubuh anak juga berkembang lebih optimal

termasuk sistem kekebalan tubuhnya. Anak tak hanya tumbuh sehat dan bugar, namun ia juga memiliki sistem regenerasi yang berjalan optimal serta pertumbuhan yang berkualitas. (Koran SM)

Artikel terkait :

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 758 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: