Cermat Belanja dengan Kartu Kredit

Cermat Berbelanja dengan Kartu Kredit

Iming-iming menggiurkan toko atau supermarket yang menjual produk-produk tertentu dengan potongan harga khusus bagi pengguna kartu kredit, tentunya menjadi perangsang tersendiri bagi para penggunanya untuk bertransaksi. Perilaku demikian menjadi perilaku sebagian besar masyarakat kita yang menggunakan kartu kredit tanpa mengetahui resiko dan beban yang ditanggung dikemudian hari.

Meski setiap barang kebutuhan telah masuk dalam daftar belanja kebutuhan keluarga, namun hasrat berbelanja selalu muncul dimanapun tak terkecuali di tempat perbelanjaan. Padahal anggaran belanja telah ditetapkan dan tak dapat ditambah lagi, Namun dengan adanya kartu kredit, untuk mendapatkan barang yang semula tak masuk dalam daftar, dapat terwujud cukup dengan menggesek saja. Pemikiran tersebut dapat mencelakakan kita sebagai pengguna kartu kredit.

Akibatnya pengeluaran pun menjadi tidak terkontrol dan menjadi beban hutang yang harus dilunasi setiap bulannya. Selain resiko keuangan yang harus ditanggung, resiko lainnya adalah kebiasaan menganggap sepele dan mengatasi setiap masalah keuangan dengan kartu kredit.

Berbelanja dengan kartu kredit hendaknya menggunakan cara-cara yang bijak dan selektif seperti beberapa cara berikut ini yang dapat dijadikan panduan atau masukan agar belanja dengan lebih bijak.

  • Menyiapkan daftar kebutuhan selama sebulan penuh yang tercatat dengan selektif dan terencana, maka berbelanja akan lebih efektif. Adanya catatan juga mengingatkan kita untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.
  • Bersikap disiplin dan mematuhi isi daftar belanja yang telah ditulis memudahkan kontrol diri dan berbelanja menjadi lebih efektif.
  • Menetapkan nilai minimal dan maksimal belanja dengan kartu kredit, Dengan ini membantu kita untuk selalu mengontrol pemakaian kartu setiap bulannya sehingga tidak melebihi batas kemampuan keuangan yang kita miliki.
  • Mengontrol hasrat berbelanja kita di mana pun, yaitu dengan membatasi penggunaan kartu kredit bagi pembelian barang-barang yang penting dan mendesak. Adanya daftar pos-pos pengeluaran, membantu kita menentukan barang-barang belanjaan yang memang memerlukan bantuan kartu kredit.
  • Memanfaatkan diskon dan potongan harga bagi produk-produk yang kebetulan kita butuhkan yang ditawarkan oleh supermarket atau toko dengan menggunakan kartu kredit yang kita miliki.
  • Menggunakan kartu kredit untuk membeli produk-produk yang sedang promo atau turun harga’sesuai dengan apa yang kita butuhkan akan lebih menguntungkan, karena selain memang produk tersebut kita perlukan juga harganya menjadi lebih murah dan dapat dicicil.

Jika kita telah menyadari dan mampu melakukan tips-tips tersebut di atas, maka secara keuangan dan mental kita telah siap untuk berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Maka belanja menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tidak membebani. Selamat berbelanja. (Koran SM)

 

Artikel terkait :

One Response to Cermat Belanja dengan Kartu Kredit

  1. Ping-balik: Melepas Penat Perjalanan dengan Perangkat Hiburan « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: