Bau Badan Banyak Dipengaruhi Makanan

Bau Badan Banyak Dipengaruhi Makanan

google image

Waspadalah bagi orang yang terlalu banyak mengeluarkan keringat. Sebab, bisa jadi orang tersebut mengalami hiperhidrosis yang timbul akibat kerja kelenjar keringat terlalu aktif. Sepintas, memang banyak orang kurang memperhatikan gejala seperti ini sebagai kelainan. Sebab. tidak sedikit orang mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak.

Namun, jika ditelaah, keringat berlebih tetaplah membuat fisik kurang nyaman. Demikian pula secara emosional. Seseorang menjadi kurang tenang saat bekerja atau melakukan aktivitas lain. Keringat berlebih, terutama pada ketiak, akan memancing bakteri berkembang biak. Bakteri inilah yang menyebabkan ketiak menjadi bau. Tubuh mempunyai dua jenis kelenjar keringat, yaitu eccrine dan apocrine.

Kelenjar eccrine terdapat di seluruh tubuh dan berhubungan langsung clengan kulit. Ketika suhu tubuh rneningkat, sistem saraf pusat merangsang kelenjar ini untuk mengeluarkan cairan (keringat) ke permukaan kulit untuk mendinginkan tubuh.

Sedangkan kelenjar apocrine terdapat pada folikel rambut di kulit kepala, ketiak, dan genitalia. Saat stres, dinding tubuh berkontraksi dan mendorong keringat ke permukaan kulit. Biasanya, jika keringat yang dihasilkan kelenjar apocrine bereaksi dengan bakteri, akan muncul bau kurang sedap.

Dari mana bau badan berasal? Pertanyaan ini kerap menimbulkan banyak perdebatan yang membahas kenapa hau badan seseorang bisa cukup menyengat, sementara pada orang lain tidak terlalu berbau.

Dikutip dari Hoswtuffworks, bau badan sebenarnya disebabkan bakteri pada kulit yang mengolah gula dan protein dalam keringat. Jadi, bau badan berkaitan erat dengan sesuatu yang kita makan. Beberapa makanan sering menyebabkan badan berbau.

1.    Bawang

Bawang putih dan bawang bombay sering dianggap sebagai penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Anggapan itu tidak salah karena dua bumbu makanan ini memiliki zat volatile sulfurous. Zat ini menahan bau bawang tetap menempel selama berjam-jam setelah dimakan.

2.    Kunyit

Kunyit juga mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan tubuh melalui keringat. Senyawa ini terserap darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan, tapi juga bau mulut tak sedap.

3.    Daging Merah

Selain bumbu masakan, daging merah ternyata juga berkontribusi menyebabkan bau badan tak sedap. Sebuah studi yang diterbilkan juraal Chemical Senses menemukan, orang yang menjalankan gaya hidup vegetarian memiliki aroma badan lebih enak, menarik, dan lebih sedikit menimbulkan bau tak sedap dibandingkan yang  banyak mengonsumsi daging.

4.    Makanan Pedas

Satu lagi yang dianggap sebagai penyebab bau badan adalah makanan pedas. Sebenarnya, makanan pedas tidak mempunyai arorna spesifik yang menimbulkan bau tak sedap. Tapi, makanan pedas meningkatkan suhu tubuh sehingga produksi keringat bertambah banyak. Semakin banyak keringat di kulit, maka bakteri akan semakin betah. Saat bakteri bercampur dengan keringat, bau badan pun akan semakin menyengat.

5.    Beberapa bahan makanan lain yang berpotensi menimbulkan bau badan di antaranya blue cheese, makanan hasil fermentasi seperti asinan, tape, acar, serta kol dan cuka.

6.    Kendati menjadi biang bau, makanan tersebut bukan berarti harus dihindari semua. Makanan tersebut cukup diimbangi dengan asupan makanan lain serta banyak minum air putih, makan sayur dan buah-buahan. Mandi dua kali sehari dan mengenakan deodoran iuga bisa mencegah aroma kurang sedap.

Pada penderita hiperhidrosis sekunder, selain makanan, penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain obat-obatan. Beberapa antipsikosa yang digunakan untuk mengobati kelainan jiwa, morfin, tiroksin dosis tinggi, serta obat pereda nyeri seperti aspirin, dan asetaminofen, termasuk di antaranya.

Wanita yang memasuki masa menopause bisa mengalarni hot flashes, di mana suhu kulit meningkat disertai keringat dan kegerahan. Hal ini terjadi karena adanya penurunan kadar estrogen. Beberapa wanita menopause bahkan sering terbangurn pada malam karena pakaiannya basah oleh keringat.

Keringat berlebih bisa juga terjadi saat seseorang dalam kondisi hipoglikemia. Kondisi ini bisa terjadi saat kadar gula darah rendah pada penderita diabetes yang mengonsumsi insulin atau obat anti diabetes oral. Gejala awalnya adalah berkeringat, badan gemetaran, lemah, lapar dan mual. Hipoglikemia juga bisa terjadi setelah makan, terutama pada orang-orang yang telah menjalani pembedahan lambung atau usus.

Perryebab keringat berlebih lainnya adalah demam, Demam terjadi jika suhu tubuh  naik sampai di atas batas normal. Demam bisa terjadi pada berbagai infeksi bakteri dan virus. Saat suhu tubuh mulai turun kembali, bisa disertai keringat berlebihan.

Kadang kelenjar tiroid menghasilkan sejumlah besar hornon tiroksin. Hal ini bisa menyebabkan penurunan berat badan, denyut  jantung yang cepat atau tidak teratur, gelisah, peningkatan kepekaan terhadap panas dan juga keringat berlebihan.

Serangan jantung juga rnenyebabkan keringat berlebihan. Serangan tersebut terjadi jika aliran darah ke otot jantung berkurang. Gejalanya nyeri dada  yang menyebar ke bahu, lengan atau punggung, sesak napas, dan keringat berlebihan. Tuberkulosis dan malaria juga merupakan salah satu gejala tuberkolosis adalah berkeringat di malam hari.

Ada beberapa cara untuk mengurangi keringat berlebih. Misalnya mengatur gaya hidup, seperti makan tidak  sembarangan, pemilihan pakaian dengan memperhatikan bahan. Tidak dianjurkan mengenakan pakaian dengan bahan nilon, poliester. Serta berikutnya, mengontrol emosi.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan bagi orang yang suka menggunakan deodoran. Jika memungkinkan, kebiasaan menggunakan deodoran diganti bedak. Sebab, bedak jauh tebih aman. Deodoran dan produk sejenisnya dapat menyumbat saluran keringat, sehingga keringat yang membawa hasil metabolisme tubuh tidak bisa keluar. Akibatnya, hasil metabolisme menumpuk di tubuh. Termasuk sisa zat yang beracun.

Sumber : Suara Merdeka Sabtu 2 April 2011

2 Responses to Bau Badan Banyak Dipengaruhi Makanan

  1. Ping-balik: Tips menjaga gigi tetap putih dan bersih « pendidikan dan iptek

  2. Ping-balik: Cara Menghitung Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Anak « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: