Melewatkan Liburan dengan Berkemah

Berkemah, mungkin kita semua pernah melakukannya minimal waktu kita sekolah dulu sebagai anggota Pramuka. Bahkan berkemah bisa dijadikan sebagai aktivitas rekreasi. Bagi anggota Pramuka rasanya kurang lengkap kalau belum melakukan berkemah. karena berkemah juga bisa dijadikan untuk pembinaan anggota Pramuka.

Sebagai guru yang pernah menjadi pembina Pramuka di sekolah sedikit banyak mengetahui kendala yang akan dihadapi dalam kegiatan perkemahan. Utamanya adalah orang tua enggan memberikan ijin kepada anak mereka untuk berkemah bersama teman-temannya. Terutama orang tua yang tidak terbiasa melepaskan anaknya ditempat lain sendirian. Walaupun sebenarnya berkemah mempunyai manfaat positif bagi anak. Diantaranya mengajarkan kepada anak untuk bertahan hidup, serta bekerja sama dengan orang lain, anak juga akan belajar membuat tempat untuk beristirahat nyaman dan aman. Juga bisa untuk merangsang kecerdasan natural.agar kegiatan berkemah dapat berjalan dengan baik maka persiapan harus dilakukan dengan baik, dimulai dari penentuan tempat, waktu, tujuan, biaya peralatan, peninjauan lokasi perijianan orang tua, keamanan, hingga jadwal kegiatan.

 Cari tempat yang rata dan ada pohon pelindung, saluran pengeringan, dekat sumber air, dan terjamin keamanannya. Area kemah jangan dekat dengan kampung dan jalan raya, tapi dekat dengan pasar, pos kesehatan, dan pos keamanan.

Memulai kegiatan hendaknya disesuaikan dengan rencana dan dilaksanakan menurut perkembangan keadaan.Persiapkan pula acara pengganti atau tambahan untuk menantisipasi waktu yang kosong.

selesai melakukan kemah habis pembongkaran tenda, usahakan kebersihan tetap terjaga. jangan lupa pengecekan barang-barang, agar tidak ada barang yang tertinggal.

Artikel terkait :

3 Responses to Melewatkan Liburan dengan Berkemah

  1. admin mengatakan:

    bermanfaat tapi saya belum coba sob…

  2. Ping-balik: Rekreasi Edukatif Bagi Anak « pendidikan dan iptek

  3. Ping-balik: Tips memilih biro perjalan dalam berwisata « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: