Tertawa Baik Untuk Tubuh dan Pikiran

TERTAWA BAIK UNTUK TUBUH DAN PIKIRAN

Berapa kali kita tertawa dalam sehari, pernahkah anda menghitungnya? Ternyata tertawa bukanlah hal yang sepele karena tertawa dapat menyehatkan tubuh dan menenangkan pikiran. Dalam berbagai penelitian dan studi, para peneliti menemukan banyak sekali manfaat positif tertawa untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Diantaranya, tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga 40% dari biasanya sehingga dapat menangkal berbagai macam keluhan. Selain itu tertawa efektif dalam menurunkan tingkat stress dan menguatkan mood positif sehingga membuat tubuh lebih rileks atau santai. Ketegangan fisik dan pikiran berkurang serta otot tubuh terasa lebih nyaman. Keadaan ini bertahan selama 45 menit setelah anda melakukan aktivitas tertawa.

Tertawa juga memicu pelepasan hormon endorphin yakni hormon yang memberikan rasa nyaman pada tubuh. Hormon endorphin merupakan hormon bahagia yang diproduksi otak manusia berfungsi memberikan rasa bahagia, kegembiraan, dan penghilang rasa nyeri alami. Selain itu tertawa juga bagus uniuk kesehatan jantung. Tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. yang dapat membantu melindungi anda terhadap serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Tertawa adalah obat penawar yang ampuh untuk untuk stres, sakit dan konflik. Bekerja lebih cepat dan dapat diandalkan untuk membawa tubuh dan pikiran kembali positif tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tertawa berulang ternyata memiliki efek yang sama seperti kita melakukan aktifitas sedang seperti berlari ringan. Mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Fungsi luar biasa ini jarang disadari oleh orang kebanyakan, padahal tertawa tidak membutuhkan banyak energi. Tertawa adalah hal paling mudah untuk dilakukan karena ketika lahir hal yang pertama manusia bisa lakukan adalah tertawa dan menangis sebelum ia mulai bisa bicara, Disamping itu tertawa merupakan kegiatan menular yang jauh lebih menular daripada batuk atau bersin. la dapat mengikat orang-orang disekitar bersama-sama meningkatkan kebahagiaan dan keintiman. Dimana ada kelucuan disana semua serentak akan tertawa. (Kabar Ceragem Edisi Mei/003/2011).

artikel terkait

9 Responses to Tertawa Baik Untuk Tubuh dan Pikiran

  1. Ping-balik: Kesatuan Tubuh Dan Pikiran Untuk Meraih Sukses

  2. Ping-balik: Mempersiapkan Kehamilan Sehat « pendidikan dan iptek

  3. Ping-balik: Tips menjaga gigi tetap putih dan bersih « pendidikan dan iptek

  4. Ping-balik: Cara Menjaga Kesehatan Rambut bagi Perempuan Berjilbab « pendidikan dan iptek

  5. Ping-balik: Ponsel dan Komputer Bisa Menjadi Sarang Bakteri « pendidikan dan iptek

  6. Ping-balik: Cara Mencuci Tangan yang benar « pendidikan dan iptek

  7. Ping-balik: Tenangkan Hati Dengan mencuci Tangan « pendidikan dan iptek

  8. Ping-balik: Cara menjaga Paru-paru Tetap Sehat dan Kuat « pendidikan dan iptek

  9. Ping-balik: manfaat jalan kaki di pagi hari « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: