Cara Menghemat BBM

Cara Menghemat BBM

Premium adalah BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi yang hanya untuk golongan tidak mampu. Terirna kasih Anda telah menggunakan BBM nonsubsidi.Demikian himbauan  kementerian Energi dan Sumber Daya mineral vang terpampang di setiap Stasiun pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tulisan di spanduk itu memang sudah terpasang di beberapa SPBU.

Bagi pengguna pertamax, barangkali irnbauan seperti itu tidak masalah, Tapi bagi  Pengguna premiurn, rnereka perlu berpikir ulang untuk mengkonsurnsi premium, terutama untuk mobil keluaran terbaru.

Prosuden premiun berupaya agar Produk itu tepat sasaran. Alasannya, demi penghematan anggaran Negara. Premium sendiri diperuntukkan bagi orang yang kurang mampu.

Dengan harga bakar rninyak bumi yang terus naik, otomatitis tarif BBM pun harusnya pun ikut naik. Kenaikan itu biasanya uga diikuti barang kebutuhan lainnya. Kalau semua naik kantong cepat kosong. Maka perlu diupayakan sebuah tindakanan agar dapat menekan pemborosan.

Memang ada orang yang beralih ke mesin diesel. Karena harga solar masih relatif murah. Namun bagi yang masih suka menggunakan mesin bensin, kadang enggan berpindah ke diesel, karena mesin bensin dirasa lebih halus.

Untuk itu, kiranya solusi yang tepat bagi pengguna mobil bensin adalah melakukan tindakan penghematan. Di sini pengguna bias memilih beberapa cara untuk menghermat bensin.

Diantaranya melakukan perawatan berkala setiap 5.000 km di  bengkel. tindakan ini sangat penting. Bagian seperti filter udara, bensin akan dibersihkan di samping menyetel ulang pengapian dari mesin.

Supaya bisa hemat maka penyetelan campuran udara dan bensin penting. Gas buang lewat knalpot bisa rnenunjukkan kondisi mesin. Abu-abu menunjukkan rnesin kondisinya prima. Mesin yang mengeluarkan asap tebal juga menngambarkan kondisi mesin boros bensin. Perlu segeera dibawa ke bengkel.

Perhatikan pula gerak bebas dari kopling. Karena kopling yang “nyetut” tidak meneruskan putaran mesin dengan baik. Untuk mengetahui hal itu, bisa dicoba dengan menghidupkan mesin. Kemudian masukkan transmisi ke gigi satu, Lalu pedal kopling diinjak sampai rapat dan lepaskan. Perhatikan sampai jarak berapa dari lantai mobil mulai bergerak. Idealnya, sekitar 50 % dari jarak yang ada.

Tekanan Ban

Hambatan rern yang macet bisa menyebabkan borosnya bahan bakar, Mobill yang diberhentikan pada jalan yang agak miring, setelah direm kemudian pedal rem dilepas, maka mobil harus bisa meluncur. Namun kalau setelah lepas pedal rem, transmisi netral, rnobil tidak mau bergerak, itu tandanya rem rnacet. Ini  berarti rnenuntut untuk merneriksa  system pengereman.

Periksa tekanan angin ban. Tekanan yang kurang rnengakibatkan mobil tidak meluncur ringan. Perhatikan petunjuk tekanan angin ban yang menyertai rnobil.

Kurangnya tekanan ban bisa berbahaya. Kondisi itu dapat menambah hambatan untuk melaju. Untuk mencapai kecepatan tertentu, mesin bekerja lebih keras ketimbang normal yang rnembutuhkan lebih banyak BBM. Juga dapat meningkatkan keausan ban yangg tidak merata. Keselarasan ban, keausan beuring roda dan rem yang menyangkut dapat menambah konsumsi BBM 10%.

Gunakan jenis ban yang benar. Jangan menggunakan ban sedan pada minibus, karena tekanan angin yang diminta minibus tidak terpenuhi pada ban sedan. Ban sedan tekanan ban depan 28 psi dan belakang 32. Minibus depan 28 dan belakang minimum 50 – 60 psi. Keadaan tekanan han seperti ini bisa menghemat bensin.

Cara Mengemudi

Pengemudi punya andil dalam menentukan hemat atau boros bensin. Melaju pada kecepatan 100 km/jam menggunakan bbm sekitar 15% lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam. Menggunakan fitur cruise control di jalan bebas hambatan atau mengaktifk:an overdrive untuk transmisi otornatis, rnembuat ECU mesin memerintahkan suplai BBM pada mode ekonomis.

Cara mengemudi yang benar bisa menghemat sarnpai 15%. Menginjak pedal gas dengan cara halus, jangan “kaget-kaget “. Umumnya, torsi maksimum rnesin berada pada 2.500- 3.500 rpm, Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran rnesin itu. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak. Sedang jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalarn untuk menambah kecepatan.

Pada mesin yang menggunakan RPM meter usahakan RPM tidak melewat 50%. Kalau tanda rnerah pada RPM 6000, usahakan dalam perjalanan hanya menggunakan RPM 3000. Atau pertahankan kecepatan mobil lebih sering pada 80 km/jam. Pada kecepatan di atas 80 km/jam, pindahkan ke gigi over drive bagi rnobil yang dilengkapi transnrisi over drive (gigi 5).

Menggunakan AC rnernberi beban besar pada mesin yang dapat meningkatkan konsurnsi BBM. Pendingin ruangan bisa memboroskan bensin sampai 15 %. Sebaiknya hidupkan AC pada saat yang dibutuhkan. Sering, rnobil berkapasitas 7 penumpang cuma dinaiki berdua, bahkan sendirian. Padahal ruangan yang didinginkan untuk 7 orang.

lni akan memakan energi lebih besar. Maka, bisa diakali dengan menempatkan balon besar, atau ada pembatas ruangan, sehingga kompresor hanya bekerja untuk mendinginkan ruangan yang kecil saja. Atau menambah sebuah fan di hagian belakang, sehingga sirkulasi udara lancar dan segar.

Menonaktifkan AC jika udara luar cukup untuk menyejukan kabin. Pada cuaca panas, parkirlah di tempat teduh. Ketika ingin mengemudi lagi, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin. Sehingga dapat mengurangi kerja AC untuk mendinginkan kabin.

Meski begitu jangan terlalu memaksakan muatan. Jangan gunakan bagasi rnobil sebagai lemari kedua. Atau selalu membawa banyak barang dan aksesori berat. Penambahan beban ini membuat mesin bekerja lebih berat dari kondisi normal. (koran SM)

Artikel terkait :

4 Responses to Cara Menghemat BBM

  1. bensinvslpg@gmail.com mengatakan:

    kalau saya, dengan menambahkan suplemen LPG ke ruang bakar mesin

  2. Ping-balik: Tips Menyusun Anggaran Belanja Ideal « pendidikan dan iptek

  3. Ping-balik: Cara merawat cd-dvd « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: