tips mencari tempat kost nyaman

Tips mencari tempat kost yang nyaman

Berkesempatan melanjutkan kuliah selepas SMA merupakan peluang yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, mengingat biaya kuliah saat ini sangat tinggi. Namun kadang, perguruan tinggi impian berada jauh di luar kota. Kalau sudah begini mau tidak mau, calon mahasiswa harus berani hidup mandiri di kota orang. Bagi mereka yang selama ini tinggal di rumah orang tua, hidup sendiri jauh dari keluarga tentu merupakan pengalaman pertama sekaligus pengalaman yang berharga dalam hidupnya. Mayoritas mahasiswa luar kota (sebut saja ‘perantau’) memilih menyewa kamar sebagai tempat tinggal sementara alau “ngekost”. Kost-kostan tersedia dalam berbagai kelas dan fasilitas, sesuai kemampuan kantong mahasiswa. Selama ngekost, perantau diharuskan mampu mengurus dirinya sendiri. Mulai dari mencari makan, membereskan kamar hingga cuci baju harus dilakukan sendiri. Begitu juga dengan pengelolaan keuangan. Selarna diperantauan, uang yang dikirim oleh orangtua setiap bulan-bagaimanapun caranya harus mencukupi semua kebutuhan selama 1 bulan, termasuk membayar uang sewa kost.

Kedengarannya memang menyusahkan tapi percaya, deh, pengalaman ini akan membentuk kepribadian mahasiswa luar kota lebih tangguh dan pantang menyerah dibandingkan yang bukan perantau. Terlebih jika Anda tidak memiliki saudara atau teman sedaerah di kota perantauan Anda. Ngekost justru akan memperluas wawasan dan jaringan pertemanan Anda. Dengan demikian, tidak heran jika teman-teman di tempat kost akan menjadi keluarga baru Anda.

Jurus Jitu Ngekost Nyaman

Kenyamanan tempat tinggal selama diperantauan adalah salah satu pendukung kelancaran proses perkuliahan. Agar konsentrasi belajar tidak terganggu karena hal-hal remeh temeh, cermat dan hati-hatilah dalam memilih tempat kost.

  • Perhatikan Lingkungan Kost

Cermati lingkungan di sekitar kost. Apakah suasananya mendukung proses belajar? Apakah sering terjadi tindakan kriminal yang.membuat penghuninya selalu waswas? Apakah teman-teman di tempat kost tersebut mendukung proses perkuliahan atau justru membawa dampak negafif ke diri Anda? Perlu diketahui, lingkungan berpengaruh besar terhadap perkembangan pribadi Anda. Kuliah adalah amanah dari orangtua yang harus Anda selesaikan dengan baik sebagai bekal masa depan Anda.

  • Sesuikan Harga dan Fasilitas yang diberikan di kost

Beragam kelas dan fasilitas kost-kostan lentu akan mempengaruhi harga sewa perbulannya. Apalagi jika kost-kostan itu terletak di kawasan strategis. Dalam memilih kost, pertimbangkanlah kemampuan finansial Anda, Jangan besar pasak daripada tiang. Memang kost-kostan dengan harga sewa tinggi biasanya lebih nyaman, baik dari fasilitas yang disediakan maupun jarak tempuh ke kampus yang lebih dekat. Tetapi diluar itu, kebutuhan mahasiswa juga besar, lho, untuk kelancaran kuliah. Jadi, pintar-pintar menentukan pilihan.

  • Kemudahan Mencari Warung Makan

Jangan main-main dengan urusan perut, ini sederhana tapi vital! Kemudahan mengakses warung makan, warteg, kantin, sangat penting untuk mendukung,kegiatan Anda sehari-hari. Terlebih jika lapar melanda di malam hari. (koran SM)

 

artikel terkait:


3 Responses to tips mencari tempat kost nyaman

  1. Ping-balik: Menikmati Musik Tanpa Berisik Waktu Berkendara « pendidikan dan iptek

  2. Ping-balik: Cara merawat cd-dvd « pendidikan dan iptek

  3. Ping-balik: Pria yang tidak layak dinikahi « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: