Cara Merawat Cat Mobil dan Motor

CARA MERAWAT CAT MOBIL DAN MOTOR

 

BAGI kebanyakan orang, tampil dengan mobil atau motor  berkilau rnemang menjadi kebanggaan tersendiri, Sehingga tidak mengherankan jika ada orang rela memasukkan mobil ke salon mobil. Bahkan, ada pemilik mobil yang mengambil jalan pintas agar cat tampak bercahaya dengan rmenggunakan obat poles. Hasilnya akan cepat kelihatan secara langsung. Namun lama-kelamaan obat poles bisa memudarkan,cat mobil itu sendiri. Maka agar tampak berkilau tapi catnya tetap terjaga dengan baik, beberapa praktisi bengkel cat rnobil menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan.

Termasuk juga saat rnencuci mobil. Bila mencuci, disarankan tidak menggunakan sabun deterjen. Sebab, kandungan zat kimia dalam deterjen tersebut dapat memudarkan kecemerlangan cat.  Alangkah lebih baik bila mernakai shampo khusus. Jika terpaksa, karena kehabisan, pemilik rnobil atau motor dapat memanfaatkan sabun atau shampo mandi, asal tidak berdeterjen.

Saat mencuci mobil hindari busa menempel terlalu lama. Terlebih di bawah sinar matahari, busa bias meninggalkan bercak noda pada cat. Untuk itu, begitu disabun, segera siram dengan air.

Idealnya, mencuci mobil dilakukan saat kendaraan dingin dan di tempat terbuka dan teduh. Usahakan guyuran rata, dan sernua mendapat semprotan,air Setelah itu, segera keringkan dengan lap. Bagian pertama yang dilap adalah kaca,danbodi bagian atas.

Setelah bersih, hindarkan cat dari cairan yang dapat merusak, seperti minyak rem dan oli. Bila terkena tumpahan segera bersihkan. Hilangkan partikel kasar yang melekat.Sebab, partikel ini bisa saja menggores cat.

Sebagai langkah antasipasi, usahakan parkir di tempat beratap. Tujuannya sederhana, yakni agar mobil terhindar dari terik matahari atau tetesan air hujan secara langsung. Sebab, jika terkena sinar matahari yang memancar terus-menerus, lapisan cat dapat rusak. Begitu juga dengan terpaan air hujan, bila mobil kehujanan dan tidak segera dikeringkan akan timbul bercak noda serta biang jamur. Tak jauh beda dengan terpaan embun. Mobil yang dibiarkan terkena embun malam, dapat mempercepat timbulnya karat.’Maka akan lebih baik mobil dimasukkan garasi. Atau bila tidak ada garasi, mobil bisa ditutup dengan kantung atau terpal. (koran SM)

 

artikel terkait:

Benda yang banyak mengandung Kuman, bakteri dan virus

Wanita terkaya didunia 2011 versi forbes

Cara menghitung zakat profesi

Pria yang tidak layak dinikahi

Cara merawat cd/dvd

Lagu anak-anak sepanjang masa


7 Responses to Cara Merawat Cat Mobil dan Motor

  1. Salam kenal om,
    Ijin menyimak artikel cara merawat cat mobil tulisan sampeyan

  2. Ping-balik: CARA MERAWAT CAT MOBIL DAN MOTOR | OsonJugosBLOG- ALL NEWS

  3. Ping-balik: Menikmati Musik Tanpa Berisik Waktu Berkendara « pendidikan dan iptek

  4. Ping-balik: Cegah Ulat Bulu dengan musuh Alami « pendidikan dan iptek

  5. Ping-balik: Cara Menghemat BBM « pendidikan dan iptek

  6. Ping-balik: benda yang banyak mengandung kuman, bakteri, dan virus « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: