Cara menjaga Paru-paru Tetap Sehat dan Kuat

Zaman sekarang ini banyak sekali orang-orang yang disekitar kita yang paru-parunya rusak, padahal umurnya masih muda. hal ini dikarenakan polusi udara, kebiasaan merokok, gaya hidup yang tidak sehat , dll. Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital dalam menunjang kehidupan. Untuk itu kondisinya harus dijaga agar tetap sehat dan kuat.

“Paru-paru merupakan organ yang tahan lama asalkan ia tidak diserang dari luar dan dirawat dengan benar. Namun sayangnya banyak masyarakat yang belum menyadari hal ini, sehingga tanpa disadari beberapa kebiasaannya justru bisa merusak paru-paru. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat dan kuat yaitu:

Jangan merokok jenis apapun
Dr Edelman menuturkan tidak ada batas yang aman ketika seseorang merokok, dan semakin sering ia merokok maka risiko paru-parunya menjadi rusak akan semakin besar. Hal ini tidak hanya sebatas rokok saja, tapi juga mencakup cerutu atau ganja yang bisa membahayakan paru-paru.

Menjaga udara tetap bersih
Udara yang bersih akan mengurangi risiko paru-paru terpapar benda asing dari luar yang bisa merusaknya. Untuk itu hindari penggunaan kendaraan bermotor dan menghentikan kebiasaan membakar kayu atau sampah. Serta mewaspadai ancaman polusi udara dari lingkungan.

Melakukan olahraga
Semakin baik kebugaran kardiorespirasi seseorang maka akan semakin mudah bagi paru-paru untuk menjaga jantung dan otot yang mensuplai oksigen. Selain itu olahraga teratur sangat penting dan membantu bagi orang dengan penyakit paru-paru kronis.

Meningkatkan udara di dalam ruangan
Udara di dalam ruangan juga bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru, seperti karpet yang tidak bersih, penyegar ruangan dengan bahan kimia berbahaya, penggunaan lilin berlebihan atau adanya pengerjaan bangunan. Untuk itu berikan ventilasi yang baik untuk ruangan dan mengurangi sumber-sumber yang berpengaruh terhadap paru-paru.

Mengonsumsi makanan yang tepat
Ada bukti bahwa makanan yang kaya akan antioksidan merupakan sumber yang baik untuk paru-paru. Dr Edelman menuturkan semua sayuran bagus, tapi sayuran berdaun hijau memiliki banyak antioksidan dan memiliki efek perlindungan. Sumber ini sebaiknya berasal dari makanan dan bukan suplemen.

Menggunakan alat pelindung diri saat bekerja
Banyak pekerjaan yang menempatkan pekerjanya pada risiko masalah di paru-paru, seperti pekerja konstruksi hingga penata rambut. Untuk itu kenakan alat pelindung diri misalnya dengan masker yang disesuaikan dengan jenis pekerjaannya sehingga bisa menghalangi masuknya partikel ke tubuh.

Menggunakan produk yang aman
Beberapa produk rumah tangga kadang mengeluarkan partikel atau gas yang berbahaya bagi paru-paru. Usahakan untuk menghindari produk yang berbahan dasar minyak, produk yang melepaskan senyawa organik mudah menguap (volatile organic compound/VOCs), hindari penggunaan amonia dan membaca label dengan teliti.( http://health.detik.com)

artikel terkait

8 Responses to Cara menjaga Paru-paru Tetap Sehat dan Kuat

  1. Ping-balik: Mempersiapkan Kehamilan Sehat « pendidikan dan iptek

  2. Ping-balik: Tips menjaga gigi tetap putih dan bersih « pendidikan dan iptek

  3. Ping-balik: Biofortifikasi Meningkatkan Betakaroten dalam Jagung « pendidikan dan iptek

  4. Ping-balik: Ponsel dan Komputer Bisa Menjadi Sarang Bakteri « pendidikan dan iptek

  5. Ping-balik: Bahagianya menjadi seorang ayah « pendidikan dan iptek

  6. Ping-balik: benda yang banyak mengandung kuman, bakteri, dan virus « pendidikan dan iptek

  7. Ping-balik: manfaat jalan kaki di pagi hari « pendidikan dan iptek

  8. Ping-balik: alkohol memperparah masalah bukan menyelesaikannya « pendidikan dan iptek

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 758 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: