memilih jurusan kuliah yang tepat

MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT

Pada umumnya siswa SMA yang telah lulus Ujian Nasional akan melanjutkan pendidikann  ke perguruan tinggi. Namun tak sedikit pula yang memilih bekerja setelah memegang ijasah SMA. Bagi yang berniat melanjutkan ke perguruan tinggi, pasti sudah memikirkan jurusan-jurusan apa yang kelak akan dipilihnya. Tapi terkadang pilihan itu masih bias berubah-ubah yang disebabkan oleh banyak faktor. Entah karena dorongan orang tua, bujukan teman-teman, atau profesi yang sedang tren saat ini.

Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diarnbil. Setiap jurusan memiiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Dalam memilih jurusan harus dengan pertimbangan matang. Akan berakibat fatal jika mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan kepribadian menyebabkan prestasi belajar turun sehingga mahasiswa di DO (drop out)/ atau dikeluarkan karena dinyatakan tidak mampu mengikuti perkuliahan. Salah pilih jurusan merupakan krerugian besar bagi kalian di masa depan. Untuk itu ikuti panduan dalam rnemilih jurusan yang sesuai :

  • Sesuaikan dengan Cita-cita, Minat dan Bakat

Bgii vang telah memiliki cita-cita tertentu, carilah iurusan apa yang membawa kalian menuju profesi atau pekeriaan yang diinginkan. Sesuaikan pula dengan minat dan bakat saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada idisertai rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat. Janganlah memilih jurusan teknik sipil jika anda ingin jadi dokter. Jita Tidak menyukai hitung-hitungan, jangan ambil jurusan matematika.

  • Cari lnformasi sebanyak-banyaknya

Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jurusan’ Cari dan gali informasi dari berbagai sumber yang terpercaya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang mengusai informiasi atau hanya sekedar ikut-ikutan saja.

  • Akomodasi Pendukung kelancaran Perkuliahan

Kuliah memerlukan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya studi, biaya hidup, transportasi, dan lain sebagainya. Jika dana yang tersedia terbatas, sebaiknya pilih ternpat kuliah yang dekat dari rumah atau lokasi luar kota yang yang biaya hidupnya rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biayanva tidak telalu tinggi namun tetap berkualitas. Jika ternyata dana yang ada belum mencukupi juga, carilah beasiswa, keringanan dari kampus, kerja paruh waktu (freelance) atau sponsor. Jangan jadikan uang sebagai faktor penghambat masa depan kalian.

  • MasaDepan Karir

Apakah jurusan yang kalian ambil nanti dapat mengantarkan kalian untuk dapat mengembangkan karir yang baik? Walaupun demikian, jangan tergiur dengan prospek lulusan kerja karena rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja kini memungkinkan para sarjana bekerja jauh menyimpang dari bidang kuliahnya.

Namun perlu diingat, kalian kuliah bukan untuk mencari uang. Bukan untuil mencari pekerjaan. Kuliah adalah kesernpatan untuk mencari ilmu, pengalaman dan pastinya-gelar sarjana. Maka dari itu kuliahlah dijurusan yang cocok dengan kepribadian, minat dan bakat agar saat di bangku kuliah nanti kalian bisa belajar dengan lancar tanpa beban dan lulus tepat waktu. Asal-asalan dalam memilih bukan cara terbaik untuk hal ini. (Koran SM)

 

artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: