Sudah Siap Menjadi Mahasiswa

SUDAH SIAP MENJADI MAHASISWA

kuliah (jakartacity.olx.co.id)

Masa sekolah selalu diungkapkan sebagai masa-masa indah yang berkesan dan menyenangkan. Menjadi mahasiswa merupakan tahapan ketika seorang siswa dituntut lebih dalam segala hal. Menjadi mahasiswa bukan proses yang mudah seperti perpindahan dari SMP ke SMU, karena seseorang dituntut untuk dapat belajar dan bergaul dengan berbagai cara dan pola.

Selain kebebasan melakukan pilihan atas apa yang akan diraihnya nanti, di sisi lain mahasiswa juga dituntut bertanggung jawab pada semua pilihan yang dilakukannya. Cara belajar yang konvensional ketika masih sekolah, yaitu mengerjakan setiap tugas ketika diperintah oleh guru, berubah menjadi tanpa menunggu perintah dan tanpa ditanyakan bagaimana mengerjakannya. Persiapan rnemasuki jenjang kuliah perlu dilakukan agar tidak kaget, dan bingung ketika waktunya tiba.

Reorientasi Cita-cita

Begitu muluknya keinginan dan cita-cita Anda untuk memilih jurusan A, B atau C sewaktu di SMU karena berbagai alasan. Namun ketika Anda memasuki jenjang kuliah, cobalah untuk menyezuaikan lagi cita-cita awal anda dengan pilihan-pilihan yang dapat mendukung cita-cita Anda tersebut di perkuliahan. Dengan begitu, Anda dapat membuat prioritas dan teguh pada tujuan yang telah Anda buat sedari awal masuk kuliah.

Luasnya Pergaulan Perlu Dimanfaatkan

Ribuan mahasiswa yang berkumpul di satu tempat perkuliahan atau kampus membuka kesempatan bergaul dan berbagi ilmu. Sebelum Anda terlanjur keliru dan berada di ternpat yang tidak tepat dalam bergaul, maka sangat penting untuk memilih dan memilah lingkungan dan teman yang tepat untuk bergaul. Namun tidak lantas menjadikan Anda pilih-pilih teman, sebaliknya Anda akan bergaul dengan lebih nyaman dan bermanfaat karena lingkungan dan teman yang mendukung tujuan dan cita-cita awal Anda.

Asyiknya Bergaul Tak Pudarkan Konsentrasi

Pergaulan yang luas dan dikenal atau mengenal berbagai kalangan dan keilmuan memang menyenangkan. Tetapi kesadaran untuk tetap dijalur awal cita-cita Anda sangatlah penting, yaitu dengan tetap memperhatikan dan konsentrasi terhadap target prestasi akademik Anda sendiri. Jika sedari awal Anda telah bertujuan untuk menjadi pengajar atau dosen yang membutuhkan formalitas prestasi lebih dalam bentuk indeks prestasi {IP} yang tinggi, tentunya Anda harus belajar ekstra keras untuk mengejar target (IP) yang tinggi.

Kembangkan Cara Belajar yang ldeal

Mahasiswa dituntut kreatif dan mampu melayani diri sendiri, tak terkecuali cara belajarnya. Kebebasan dalam perkuliahan memungkinkan Anda memiliki cara belajar yang efektif dan cepat dalam menyerap setiap mata perkuliahan. Menggali dan mencari secara terus menerus dan kreatif menjadi pilihan belajar yang ideal bagi kesiapan diri Anda ke depannya. (Koran SM)

 

artikel terkait

One Response to Sudah Siap Menjadi Mahasiswa

  1. Ping-balik: Tips memilih sekolah terbaik Untuk Anak « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: