prosedur pengajuan dan komplain NUPTK

Perkembangan data PTK merupakan hal yang sangat sangat mendesak bila dikaitkan dengan kepentingan pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2005 untuk mendapatkan data yang valid. Namun, pengalaman sejarah pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) menunjukkan betapa sulit dan lambannya penjaringan data PTK. Kesulitan dalam menjaring data tidak saja karena PTK kurang memahami pentingnya data, akan tetapi sistem otonomi daerah maupun otonomi pendidikan belum berjalan dengan baik dan masih memerlukan waktu untuk menjadikan data PTK menjadi sesuatu yang penting, karena perencanaan tanpa data adalah pemborosan biaya.

Perjalanan pendataan PTK, sebelum tahun 2002 telah dirintis melalui SIM Guru yang hasilnya belum pernah tuntas dan data yang muncul sangat bervariasi antara satu unit dengan unit lainnya, sehingga menimbulkan keraguan bagi para pengguna data PTK baik untuk perencanaan maupun untuk kepentingan studi. Mulai tahun 2004 SIM Guru berganti perangkat lunak menjadi SIM PTK, sampai akhir tahun 2006 telah menghasilkan data PTK (khusus guru) sebanyak 2.783.321 guru walaupun kita yakini bahwa data tersebut masih perlu divalidasi, akan tetapi data tersebut menjadi kesepakatan yang digunakan di lingkungan Depdiknas.

selengkapnya download gratis dalam format pdf

sumber :  http://www.nuptk.info/

artikel terkait :

6 Responses to prosedur pengajuan dan komplain NUPTK

  1. siti nurlaili mengatakan:

    bagaimana caranya menelusuri NUPTK sy yg tiba2 hilang dr website?krn sy sdh punya NUPTK sjk th 2008,tp pd th 2010 tiba2 nama sy tdk terdaftar,setelah dicari di Kemendiknas disana data sy kosong,,kok bisa????mungkinkah itu ada kesalahan dlm mengENTRY data sy???ini sungguh2 sangat merugikan sy,,,bagaimana solusinya???

  2. Ping-balik: Sertifikasi Guru RA/Madrasah pada Mata pelajaran Umum dan Agama tahun 2011 « pendidikan dan iptek

  3. Juniadi mengatakan:

    bagaimana cara kita merubah identitas pada NUPTK apabila nama dan kabupaten tidak sesuai dengan yang sebenarnya

    • kukuh budiharso mengatakan:

      minta surat pengantar ke kantor dinas kab setempat untuk mengurus nuptk ke LPMP di propinsi. setelah sampai di LPMP supaya berkas yang keliru bisa di tindak lanjuti ke jenderal PMPTK

  4. Ping-balik: Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: