cara menghemat baterai ponsel

Baterai ponsel pintar terkenal boros. Sebab, saat dihidupkan banyak aplikasi yang berjalan tanpa disadari oleh pemiliknya. Apalagi ponsel pintar selalu terhubung secara online, baik ke jejaring sosial maupun email. Akibatnya, baterai sangat boros dan habis dalam hitungan jam.
Tapi jangan khawatir. Sebab, ada beberapa trik sederhana yang bisa membuat baterai ponsel pintar Anda bernapas lebih lama. Bahkan, ada juga aplikasi yang bisa membuat baterai lebih tahan lama.

  1. Cahaya lampu layar, sistem navigasi GPS, dan transfer data melalui UMTS adalah contoh fungsi yang paling banyak menyedot tenaga baterai.
    Jadi, cara paling sederhana dan mudah adalah mengubah setting cahaya lampu layar ke posisi paling rendah. Cara ini bisa dilakukan di semua ponsel.
  2. Mengubah setting akses situs melalui UMTS dan program navigasi seperti Google Maps yang menghabiskan banyak tenaga baterai. Langkah paling sederhana adalah tentu dengan mematikan program navigasi tersebut. Jika tidak, ponsel akan terus terhubung dengan Google Maps dan baterai pun cepat habis. Jika ponsel pintar Anda lebih banyak digunakan untuk menelepon, walau hanya sesekali saja, lebih baik fungsi UMTS dimatikan.
  3. Cara yang sama berlaku untuk hubungan nirkabel seperti Wi-Fi atau Bluetooth. Sebab, selama keduanya berada dalam posisi “on” maka ponsel akan terus mencari network yang bisa dihubungi. Ponsel pintar saat ini kebanyakan memakai sistem operasi Android. Salah satu cara ampuh untuk menghemat baterai adalah dengan mengubah ke mode airplane. Ini membuat sistem navigasi juga dimatikan. “Anda dapat menghemat dua hingga tiga kali lipat daya tahan baterai dengan cara itu,” kata Daniel Lueders, editor majalah teknologi Jerman, c’t.
  4. Cara lain untuk menghemat baterai adalah dengan mematikan fungsi  automatic downloading email. Cara ini juga dipastikan menghemat baterai.
    Selain cara-cara tersebut di atas, juga ada aplikasi yang didesain khusus untuk menghemat masa hidup baterai. Aplikasi gratis Juice Defender, yang disediakan oleh Android, bisa menolong menghemat baterai. Program ini bisa memantau apakah Anda berada di rumah atau kantor dan menjalankan fungsi berdasarkan lokasi tanpa harus mematikan ponsel.

Selamat mencoba.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com

artikel terkait

2 Responses to cara menghemat baterai ponsel

  1. Ping-balik: GPS Pandu Perjalanan Pemudik « pendidikan dan iptek

  2. Ping-balik: CARA INSTALL GPS GARMIN NOKIA 5800 XPRESS MUSIC « pendidikan dan iptek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: