Tabulampot Buah Naga di Pekarangan Rumah

Tabulampot Buah Naga di Pekarangan rumah

Buah naga atau feuy long kwa sebutan di Tiongkok merupakan jenis buah yang sedang naik daun saat ini.Terdiri dari dua varian, yaitu buah naga dengan daging berwarna putih dan berwarna merah. Tanaman buah naga masuk dalam keluarga kaktus. Daunnya mirip batang pohon kaktus yang tebal dan menyimpan banyak air.

Buah yang rasanya manis ini dan kerap menjadi campuran dalam es buah ini ternyata bisa ditanam di pekarangan rumah. Caranya dengan menanamnya dalam wadah pot atau drum, yang dikenal dengan tabulampot (tanaman buah dalam pot).

Buah naga tergolong tanaman yang butuh banyak air, tapi tidak tergenang. Oleh karena itu media tanam harus porous. Kondisi media tanam yang terialu basah beresiko mengundang kehadiran cendawan yang menyebabkan batang membusuk. Sehingga sebaiknya dalam setiap pot digunakan media tanam berupa campuran pasir malang, sekam mentah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1:1. Pupuk kandang menyediakan unsur hara makro dan mikro yang meningkatkan kualitas buah. Contohnya, magnesium yang dibutuhkan untuk menyusun klorofil. Jika klorofil banyak terbentuk, laju fotosintesis akan maksimal. Magnesium juga dapat diperoleh dari dolomit. Penggunaan dolomit disarankan jika tanaman buah naga ditanam di daerah yang sinar mataharinya kerap tertutup awan. Penambahan itu memacu proses fotosintesis lebih optimal sehingga karbohidrat dan gula yang terbentuk dalam buah pun lebih tinggi. Sehingga rasa buah akan lebih manis.

Perangsangan buah perlu rutin dilakukan untuk memaksimalkan produktifitas tanaman buah naga. Caranya dengan mengganti media tanam setahun sekali. Media tanam awal dibongkar dan disisakan 1/3 bagian. Akar naga yang melingkar di dasar pot dipotong sebagian. Pemangkasan akar membuat tanaman stres dan memicu munculnya bunga. Setelah itu, tambahkan media tanam baru berupa campuran guano dan pasir malang dengan perbandingan 1 : 1. Penggantian media dilakukan pada September-Oktober.

Unsur Mikro Meningkatkan Kualitas Buah

Guano kaya akan fosfor, nitrogen, serta beberapa unsur mikro seperti magnesium dan kalsium. Fosfor berperan mengikat sinar matahari menjadi energi kimia yang dibutuhkan tanaman dalam proses fotosintesis untuk membentuk karbohidrat. Semakin tinggi karbohidrat, maka rasio karbon (C) dan nitrogen (N) semakin tinggi. Pada masa inilah tanaman beralih dari fase vegetatif ke generatif yang ditandai dengan munculnya bunga. Dua bulan pasca perlakuan, bunga buah naga mulai bermunculan.

Jika ingin mendapatkan ukuran buah yang optimal, sisakan satu buah pada setiap sulur produktif. Dengan penjarangan buah, bobot sang naga dapat mencapai 1 – 1,1 kg per buah. Bisa saja satu sulur dibiarkan tumbuh 3 buah, namun akan menghasilkan ukuran buah yang lebih mungil. Disarankan memanen buah naga jika sudah benar-benar matang. Tandanya, ujung buah sedikit pecah. Pada saat kematangan optimal, rasa buah lebih manis karena gula hasil fotosintesis melimpah. Berbeda dengan buah naga yang ada di pasaran biasanya rasanya lebih hambar karena dipetik sebelum matang sempurna.( Koran SM)

Artikel terkait :

About these ads

Perihal kukuh budiharso
KUKUH BUDIHARSO, lahir di Boyolali 17 Juni 1982. Menjadi pengajar(guru) selama 5 tahun dan kini menjalani tahun kelimanya menjadi seorang Guru Penjasorkes di MA negeri karanggede dan MA Darussalam Wonosegoro. Setiap hari mengajar, mencandai anak dan istri, menikmati udara, menakzimi bunyi jangkrik, kodok,kunang-kunang, dan kawan-kawannya. Tentu saja sambil meneruskan tugas sebagai pengajar sekaligus menulis di blog ini...........silahkan meng copy semua tulisan di blog ini... asal menyertakan link balik ke blog ini.. alangkah indahnya berbagi ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 757 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: