manfaat NISN

Tentang NISN

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui web operator. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.jardiknas.org).

Tujuan dan Manfaat

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

sumber : http://nisn.diknas.go.id

artikel terkait

About these ads

Perihal kukuh budiharso
KUKUH BUDIHARSO, lahir di Boyolali 17 Juni 1982. Menjadi pengajar(guru) selama 5 tahun dan kini menjalani tahun kelimanya menjadi seorang Guru Penjasorkes di MA negeri karanggede dan MA Darussalam Wonosegoro. Setiap hari mengajar, mencandai anak dan istri, menikmati udara, menakzimi bunyi jangkrik, kodok,kunang-kunang, dan kawan-kawannya. Tentu saja sambil meneruskan tugas sebagai pengajar sekaligus menulis di blog ini...........silahkan meng copy semua tulisan di blog ini... asal menyertakan link balik ke blog ini.. alangkah indahnya berbagi ilmu

6 Responses to manfaat NISN

  1. Ping-balik: Manfaat dan Pentingnya Membaca « pendidikan dan iptek

  2. Ping-balik: prosedur pengajuan dan komplain NUPTK « pendidikan dan iptek

  3. Ping-balik: permendiknas no 11 tahun 2011 tentang sertifikasi guru dalam jabatan « pendidikan dan iptek

  4. Ping-balik: pedoman penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2011 « pendidikan dan iptek

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 758 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: