silabus PKn kelas XII semester 1

S I L A B U S

Mata Pelajaran                :     Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas                                    :     XII

Semester                         :     1

Program Studi                :     Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa

Standar Kompetensi        : 1.  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

Alokasi waktu                  :     6 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan Pancasila seb-agai ideologi ter-buka Pancasila sebagai ideolo-gi terbuka

o  Makna ideologi negra

o  Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

o  Fungsi pokok Pancasila

o  Pancasila sebagai ideo-logi terbuka

Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.)  tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Membandingkan ideologi terbuka dan ideo-logi tertutup

Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka

  • Mendeskripsikan makna ideologi negara
  • Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  • Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
  • Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
  • Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
o Non tes: Per-formance tes (tugas kelom-pok/ individu, pengamatan dan lainnya)

o Tes tertulis (Uraian, pilih-an ganda, lain-nya)

o Presentasi

4 X 45
  • Nugroho Noto-susanto (1983), Naskah Proklamasi yang Otentik dan Rumusan Pancasila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pusta-ka.
  • · Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara
1.2  Menganalisis Pancasila seba-gai sumber nilai dan paradigma pembangunan Nilai-nilai Pancasila

o  Pancasila sebagai sum-ber nilai

o  Pancasila sebagai para-digma pembangunan

Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai  paradigma pembangunan.

Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai  paradigma pembangunan

  • Mendeskripsikan Pan-casila sebagai sumber nilai.
  • Mendeskripsikan Panca-sila sebagai paradigma pembangunan.
  • Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
o Non tes: Per-formance tes (tugas kelom-pok/ individu, pengamatan dan lainnya)

o Tes tertulis (Uraian, pilih-an ganda, lain-nya)

o Presentasi

2 X 45
  • UUD 1945
  • · Buku-buku sumber yang relevan
  • · Buku pelajaran
1.3 Menampilkan si-kap positif terha-dap Pancasila sebagai ideologi terbuka o  Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila

o  Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga  dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila

Mengamati perilaku masyarakat lingkungan-nya yang sesuai dengan nilai  Pancasila sebagai  ideologi ter-buka (contoh: berani mengemukakan pendapat / demonstrasi)

  • Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  • Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
o Non tes: Per-formance tes (tugas kelom-pok/ individu, pengamatan dan lainnya)

o Tes tertulis (Uraian, pilih-an ganda, lain-nya)

o Presentasi

2 X 45
  • Media cetak dan media eletronik
  • Buku-buku sumber yang relevan
  • Buku pelajar-an  / paket

Standar Kompetensi                 : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan

Alokasi waktu                           :     10 X 45 menit

KOMPETENSI DASAR MATERI  PEMBELJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
2.1 Menganalisis sistem peme-rintahan di ber-bagai negara Sistem pemerintahan

  • Pengertian Sistem pe-merintahan
  • Sistem pemerintahan Presidensial  dan Parle-menter
  • Ciri-ciri sistem peme-rintahan Parlementer dan Presidensial.
Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan

Mengidentifikasi negara-negara yang menga-nut sistem Presidensial dan Parlementer

Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menga-nut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

  • Mendeskripsikan pene-gertian system pemerin-tahan
  • Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di ber-bagai Negara
  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  • Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
o Non tes: Per-formance tes (tugas kelom-pok/ individu, pengamatan dan lainnya)

o Tes tertulis (Uraian, pilih-an ganda, lain-nya)

o Presentasi

4 X 45
  • Moh. Kusnardi., Harmaily Ibrahim (1993) Pengantar Hukum Tata Negara RI. FHUI.
  • Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV
2.2  Menganalisis pelaksanaan sistem peme-rintahan Nega-ra Indonesia sistem pemerintahan Negara Indonesia

o  System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan

o  Sistem pemerintahan me-nurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan

Mengidentifikasi sistem peme-rintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan

  • Menguraikan sistem pe-merintahan yang diguna-kan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  • Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
o Non tes: Per-formance tes (tugas kelom-pok/ individu, pengamatan dan lainnya)

o Tes tertulis (Uraian, pilih-an ganda, lain-nya)

o Presentasi

2 X 45
  • · Jimly ashieddieqy Sistem pemerin-tahan di Indone-sia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Propinsi Dki de-ngan Mahkamah Konstitusi, 2005
  • · Buku- buku yang relevan
    • · Buku pelajaran
2.3 Membandingk-an pelaksana-an sistem pe-merintahan yang berlaku di  Indonesia de-ngan negara lain Pelaksanaan sistem pe-merintahan Indonesia

o  Kelebihan sistem peme-rintahan Indonesia

o  Kelemahan sistem pe-merintahan Indonesia

o  Perbandingan pelaksa-naan sistem pemerin-tahan Indonesia dengan negara lain

Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemah-an pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI

Menanyakan kepada pejabat pemerintah di lingkungannya tentang kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan negara RI

Berdiskusi hasil kajian dan temuan di lapangan tentang Identifikasi sistem pemerintahan Indonesia diban-dingkan dengan negara lain

  • Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelak-sanaan sistem pemerin-tahan Indonesia
  • membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
o Non tes: Per-formance tes (tugas kelom-pok/ individu, pengamatan dan lainnya)

o Tes tertulis (Uraian, pilih-an ganda, lain-nya)

o Presentasi

2 X 45
  • · Jimly ashieddieqy Sistem pemerin-tahan di Indone-sia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Propinsi Dki de-ngan Mahkamah Konstitusi, 2005
  • · Buku-buku yang relevan
    • Buku

pelajaran

About these ads

Perihal kukuh budiharso
KUKUH BUDIHARSO, lahir di Boyolali 17 Juni 1982. Menjadi pengajar(guru) selama 5 tahun dan kini menjalani tahun kelimanya menjadi seorang Guru Penjasorkes di MA negeri karanggede dan MA Darussalam Wonosegoro. Setiap hari mengajar, mencandai anak dan istri, menikmati udara, menakzimi bunyi jangkrik, kodok,kunang-kunang, dan kawan-kawannya. Tentu saja sambil meneruskan tugas sebagai pengajar sekaligus menulis di blog ini...........silahkan meng copy semua tulisan di blog ini... asal menyertakan link balik ke blog ini.. alangkah indahnya berbagi ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 757 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: