KKM Kelas X semester 1

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN                  :     PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS                                       :     X

SEMESTER                              :     1 (SATU)

KKM                                           :     62.52

STANDAR KOMPETENSI       :

1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)


KOMPETENSI DASAR  /  INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Ketun-tasan Minimal 

(KKM)

Kriteria Penentuan Ketuntasan
Kom-pleksi-tas Sarana Pendu-kung Intake Siswa
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara 

o    Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial

o    Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa

o    Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara

 

 

64.33

65

65

63

 

 

70

70

67

 

 

63

63

61

 

 

62

62

61

 

1.2.   Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan 

o    Menganalisis  pengertian Negara

o    Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara

o    Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara

o    Membandingkan bentuk-bentuk kenegara-an

 

 

61.75

61

61

64

61

 

 

60

60

65

60

 

63

63

65

63

 

 

60

60

62

60

 

1.3.   Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI 

o    Menguraikan pengertian dan fungsi negara

o    Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara

o    Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

61.00 

61

61

61

 

61

61

61

 

62

62

62

 

60

60

60

1.4.   Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara 

o    Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan

o    Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan

o    Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan

o    Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

 

63.00

63

63

63

63

 

63

64

64

64

 

63

63

63

63

 

63

62

62

62

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN                  :     PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS                                       :     X

SEMESTER                              :     1 (SATU)

KKM                                           : 61.74

STANDAR KOMPETENSI       :

2. Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional

KOMPETENSI DASAR  /  INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Ketun-tasan Minimal 

(KKM)

Kriteria Penentuan Ketuntasan
Kom-pleksi-tas Sarana Pendu-kung Intake Siswa
2.1.   Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional 

o    Mendeskripsikan pengertian hukum

o    Menentukan macam-macam penggolong-an Hukum

o    Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material

o    Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia

61.75 

61

62

62

62

 

62

63

63

63

 

60

62

62

62

 

61

61

61

61

2.2.   Menganalisis peranan lembaga-lembaga pera-dilan 

o    Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

o    Menguraikan perangkat lembaga peradilan

o    Menganalisis macam-macam lembaga peradilan

o    Menganalisis peranan lembaga peradilan

o    Menganalisis pelaksanaan lembaga pera-dilan

61.40 

61

61

62

62

61

 

61

61

63

63

61

 

61

61

62

62

61

 

61

61

61

61

61

2.3.   Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku 

o    Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum

o    Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku

63.00 

63

63

 

 

63

63

 

 

65

65

 

 

61

61

 

2.4.   Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia 

o    Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi

o    Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi

o    Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi

60.00 

60

60

60

 

 

60

60

60

 

 

6

60

60

 

 

60

60

60

 

2.5.   Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. 

o    Menunjukkan contoh sikap anti korupsi

o    Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi

o    Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi

o    Manampilkan sikap anti korupsi

 

60.00 

60

60

60

60

 

60

60

60

60

 

60

60

60

60

 

60

60

60

60


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MATA PELAJARAN                  :     PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

KELAS                                       :     X

SEMESTER                              :     1 (SATU)

KKM                                           :     61.22

STANDAR KOMPETENSI       :

3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)

KOMPETENSI DASAR  /  INDIKATOR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Kriteria Ketun-tasan Minimal 

(KKM)

Kriteria Penentuan Ketuntasan
Kom-pleksi-tas Sarana Pendu-kung Intake Siswa
3.1.   Menganalisis upaya pemajuan, penghor-matan, dan penegakan  HAM 

o    Menganalisis upaya pemajuan, peng-hormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah

o    Menentukan instrumen HAM nasional

o    Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

 

61.00 

61

61

61

 

 

60

60

60

 

 

63

63

63

 

 

60

60

60

 

3.2.   Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia 

o    Menguraikan proses dalam upaya pe-majuan, penghormatan, dan penegak-an  HAM

o    Mengilustrasikan berbagai kasus pe-langgaran  HAM

o    Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormat-an, dan penegakan  HAM di Indonesia

 

61.00 

61

61

61

 

 

61

61

61

 

 

62

62

62

 

 

60

60

60

 

3.3.   Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM 

o    Mendeskripsikan instrumen HAM in-ternasional

o    Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional

o    Mendeskripsikan peradilan HAM in-ternasional

 

60.66 

60

62

60

 

 

60

61

60

 

 

60

65

60

 

 

60

60

60

 

Karanggede,           Juli 2011

Mengetahui :

Kepala madrasah                                              Guru Mata Pelajaran

MA DARUSSALAM WONOSEGORO

M. Yusuf, S. Ag                                                Kukuh Budiharso, S. Pd

NIP.                                                                         NIP.

Lengkapnya klik disini


About these ads

Perihal kukuh budiharso
KUKUH BUDIHARSO, lahir di Boyolali 17 Juni 1982. Menjadi pengajar(guru) selama 5 tahun dan kini menjalani tahun kelimanya menjadi seorang Guru Penjasorkes di MA negeri karanggede dan MA Darussalam Wonosegoro. Setiap hari mengajar, mencandai anak dan istri, menikmati udara, menakzimi bunyi jangkrik, kodok,kunang-kunang, dan kawan-kawannya. Tentu saja sambil meneruskan tugas sebagai pengajar sekaligus menulis di blog ini...........silahkan meng copy semua tulisan di blog ini... asal menyertakan link balik ke blog ini.. alangkah indahnya berbagi ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 757 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: