rpp Pkn kelas x semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                      :     MA Darussalam Wonosegoro

Mata Pelajaran                           :     PKn

Materi Pokok                             :     Dasar negara dan konstitusi

Kelas/Semester                           :     X / 2 (dua)

Alokasi Waktu                           :     2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI     :     4.      Menganalisis hubungan dasar negara

dengan konstitusi

KOMPETENSI DASAR          :     4.1.    Mendeskripsikan hubungan dasar negara

dengan konstitusi

INDIKATOR                            :     1.  Mendeskripsikan pengertian dasar negara

2.      Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara

3.      Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi

4.      Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN

a.              Siswa mampu melakukan kajian pustaka tentang hubungan dasar negara dengan konstitusi, dengan menggali dan mengolah informasi, serta mampu mengungkapkan secara lisan.

b.           Dengan mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi, siswa mampu menggali dan mengolah informasi, mengambil keputusan, menghubungkan variabel hubungan dasar negara dengan konstitusi, dalam bentuk gagasan maupun pikiran secara tertulis.

II.          MATERI PEMBELAJARAN

Pendahuluan

Keterkaitan Dasar Negara dengan Konstitusi

1.     Pengertian Dasar Negara

2.     Pengertian Konstitusi

3.     Keterkaitan Dasar Negara dengan Konstitusi

III.       METODE PEMBELAJARAAN

-      Ceramah

-      Tanya jawab

IV.       STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( Menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan-  Memberikans alam siswa

-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa

15’
  • Disiplin
  • Kerjasama
  • Keterampilan
2. KegiatanInti

  • Menyampaikan kompetensi yang ingindicapai
  • Penjelasan materi
  • Tanya jawab
  • Latihan
55’
  • Kerjasama
  • Kesungguhan
  • Disiplin
  • Ujidiri
3. Penutup

  • Evaluasi / Tanya jawab
  • Penenangan
20’
  • Pengendalian diri

 

V.          SUMBER BELAJAR

1.      Buku Paket PKn Kelas X

2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen

3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan

4.      Lembar Kerja Siswa

VI.       MEDIA

1.        Papan tulis

2.        Alat-alat tulis

3.        Power point

4.        OHP

5.        Lembar soal

VII.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT

1.    Teknik                     : Tes tertulis

2.    BentukInstrumen    :  Essay

3.    Instrumen/Soal       :  Terlampir

Boyolali,      Juli 2011

Mengetahui

Kepala MA Darussalam Wonosegoro                            Guru Mata Pelajaran

M. Yusuf, S.Ag                                                              Kukuh Budiharso, S.Pd

NIP.                                                                                NIP.


 

INSTRUMEN PENILAIAN

 

A. Tes Terstulis bentuk Essay

Jawablah pertanyaan berikut secara jelas dan rinci!

1.      Jelaskan pengertian konstitusi!

2.      Jelaskan sifat pokok dari konstitusi negara!

3.      Undang-undang dasar memuat apa saja

4.      Sebutkan cara pembentukan konstitusi!

5.      Sebutkan cara mengubah konstitusi!

 

JAWABAN

1.      Keseluruhan peraturan baik yang tertulis dan tidak tertulis yang mengatur secara mengikat, cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu mayarakat.

2.      Sifat pokok dari konstitusi Negara adalah flexible ( luwes ) dan juga rigit (kaku)

3.      Undang-undang dasar memuat ;

a.       Organisasi Negara

b.      HAM

c.       Prosedur mengubah UUD

d.      Adakalanya memuat larangan untuk mengubah sifat tertentu dari UUD

4.      Pembentukan konstitusi adalah dengan cara: pemberian, secara sengaja, revolusi, dan evolusi

5.      Cara mengubah konstitusi adalah dengan: oleh badan legeslatif, referendum, oleh badan khusus, husus di Negara federal

 

B. Penilaian

Setiap soal apabila benar (dengan sempurna) diberi skor 20, apabila keliru (tidak sempurna) diberi skor dibawah 20 (sesuai kebijakan guru), dan apabila salah sama sekali diberi skor 0.  jadi nilai tertinggi adalah 100 dan terendah 0.

C. Pengamatan perilaku

Penilaian afektif dapat dilakukan ketika proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa, dengan menggunakan format berikut ini.

Contoh Format Lembar Pengamatan

(Penilaian Afektif)

O Nama INDIKATOR SIKAP DAN NOMOR INDIKATOR NilaiRata-rata
Kerajinan Kedisiplinan Kejujuran Kesopanan Kerjasama Kepedulian TanggungJawab Meng-hormatiPendpt

Teman

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

Penilaian

  • Kriteria skor :  1 = sangat kurang

2 = kurang/ jarang

3 = cukup

4 = baik/ sering

5 = sangat baik/ sangat sering

  • Kriteria Penilaian :

15 – 20   = sangat kurang (SK)

21 – 40   = kurang (K)

41 – 60   = cukup (C)

61 – 80   = baik (B)

81 – 100 = sangat baik (SB)

ANALISIS HASIL TES

 

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)                  : 70

Jumlah siswa seluruhnya                                       :  37siswa

Jumlah siswa yang ikut ulangan                            :  37   siswa

Jumlah siswa yang mendapat nilai > 70                :     -siswa

Jumlah siswa yang mendapat nilai <  70               :     –   siswa

TINDAK LANJUT

A.    Perbaikan

Siswa yang mendapat nilai < 70 wajib mengikuti program remidi / perbaikan dengan mengerjakan soal-soal tes akhir

SOAL REMIDI

1.    Apa yang dimaksuk dasar Negara ?

2.    Apa yang dimaksud dengan konstitusi ?

3.    Bagaimana pandangan Herman Heller tentang konstitusi

4.    Jelaskan cara pembentukan konstitusi secara sengaja!

5.    Jelankan cara mengaubah konstitusi oleh badan khusus

Jawaban soal remidi

1.    Dasar Negara adalah pedoman dalam mengatur kehidupan ketatanegaraan Negara yang mencakup berbagai bidang kehidupan.

2.    Keseluruhanperaturanbaik yang tertulis dan tidak tertulis yang mengatur secara mengikat, cara suatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu mayarakat.

3.    Konstitusi mempunyai arti yang lebih luas daripada undang-undang dasar. Konstitusi tidak hanya semata-mata bersifat yuridis, tetapi juga sosiologis dan politis.

4.    Pembuatan suatu UUD dilakukan setelah Negara itu didirikan. Jadi setelah Negara didirikan, dibentuklah UUD sengaja.

5.    Harus diadakan oleh suatu badan yang khusus bertugas untuk mengubah UUD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                      :     MA Darussalam Wonosegoro

Mata Pelajaran                           :     PKn

Materi Pokok                             :     Dasar negara dan konstitusi

Kelas/Semester                           :     X / 2 (dua)

Alokasi Waktu                           :     2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI     :     4.      Menganalisis hubungan dasar negara

dengan konstitusi

KOMPETENSI DASAR          :     4.2.    Menganalisis sub-stansi konstitusi negara INDIKATOR   :           1.  Menguraikan unsur sebuah konstitusi.

2.      Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu.

3.      Menganalisis substansi konstitusi Indonesia

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN

a.              Siswa mampu melakukan kajian pustaka tentang hubungan dasar negara dengan konstitusi, dengan menggali dan mengolah informasi, serta mampu mengungkapkan secara lisan.

b.           Dengan mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi, siswa mampu menggali dan mengolah informasi, mengambil keputusan, menghubungkan variabel hubungan dasar negara dengan konstitusi, dalam bentuk gagasan maupun pikiran secara tertulis.

II.          MATERI PEMBELAJARAN

Substansi konstitusi negara

1.    Muatan konstitusi negara

2.    Klasifikasi konstitusi di Indonesia

3.    Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945

III.       METODE PEMBELAJARAAN

Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV.       STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan1.    Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)

2.    Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini

3.    Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran

15’
  • Disiplin
  • Kerjasama
  • Keterampilan
2. KegiatanInti1.       Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2.       Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :

a.       Muatan konstitusi negara

b.      Klasifikasi konstitusi di Indonesia

c.       Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945

3.       Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4.       Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5.       Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6.       Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7.       Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8.       Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep

55’
  • Kerjasama
  • Kesungguhan
  • Disiplin
  • Ujidiri
3. Penutup1.    Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep

2.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan

3.    Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari

4.    Guru bersama siswa melakukan refleksi

5.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya

6.    Guru menutup pelajaran dengan salam

20’
  • Pengendalian diri

V.          SUMBER BELAJAR

1.        Budiyanto. Kewarganegaraan untuk SMA kelas X. Jakarta. Erlangga. 2005.

2.        UUD 1945 yang Telah Diamandemen

3.          Buku-Buku Sumber yang Relevan

4.          Lembar Kerja Siswa

VI.       MEDIA

1.        Papan tulis

2.        Alat-alat tulis

3.        Power point

4.        OHP

5.        Lembar soal

VII.    PENILAIAN

A.  Tes Tertulis : essay

1.    Teknik                  : Tes tertulis

2.    Bentuk Instrumen            :  Essay

3.    Instrumen             :

a.       Soal :

1)        Menurut meriam budiarjo UUD memuat hal-hal apa saja ?

2)        Sebutkan klasifikasi konstitusi menurut bentuknya !

3)        Sebutkan klasifikasi konstitusi menurut sifatnya !

b.      Jawaban

1)        Ada 4 yaitu ;

  • Organisasi negara
  • HAM
  • Prosedur mengubah UUD
  • Adakalanya memuat larangan untuk mengubah sifat tertentu dari UUD.

2)        Konstitusi tertulis dan konstitusi tidak tertulis

3)        Konstitusi fleksibel dan konstitusi rigid

B.  Non Tes :

1.        Penilaian terhadap unjuk kerja berupa (performance test) yaitu presentasi dan           laporan tertulis hasil diskusi kelas

2.        Penilaian proses dan portofolio penilaian.

Lembar observasi diskusi kelompok

No Nama siswa Aspek yang dinilai Skor / jumlah
1 2 3 4 5 6
 

Aspek yang dinilai :

1.    Kemampuan menyampaikan pendapat

2.    Kemampuan memberikan argumentasi

3.    Kemampuan memberikan kritik

4.    Kemampuan mengajukan pertanyaan

5.    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar

6.    Kelancaran berbicara

Penskoran Jumlah Skor
AB

C

D

E

Tidak baikKurang baik

Cukup baik

Baik

Sangat baik

Skor 1Skor 2

Skor 3

Skor 4

Skor 5

24 – 3018 – 23

12 – 17

6 – 11

= Sangat baik= Baik

= Cukup

= Kurang

Format penilaian proses diskusi

No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan :                                                                Rentang skor 1 -3

12

3

4

5

Aktivitas dalam kelompokTanggung jawab individu

Pemikiran

Keberanian berpendapat

Keberanian tampil

2 – 159 – 11

6 – 8

3 – 5

= Sangat Baik= Baik

= Cukup

= kurang

Boyolali,      Juli 2011

Mengetahui

Kepala MA Darussalam Wonosegoro                            Guru Mata Pelajaran

M. Yusuf, S.Ag                                                              Kukuh Budiharso, S.Pd

NIP.                                                                                NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                      :     MA Darussalam Wonosegoro

Mata Pelajaran                           :     PKn

Materi Pokok                             :     Dasar negara dan konstitusi

Kelas/Semester                           :     X / 2 (dua)

Alokasi Waktu                           :     2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI     :     4.      Menganalisis hubungan dasar negara

dengan konstitusi

KOMPETENSI DASAR          :     4.3.    Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

INDIKATOR                           :     1. Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.

2.      Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

3.      Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN

a.              Siswa mampu melakukan kajian pustaka tentang hubungan dasar negara dengan konstitusi, dengan menggali dan mengolah informasi, serta mampu mengungkapkan secara lisan.

b.           Dengan mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi, siswa mampu menggali dan mengolah informasi, mengambil keputusan, menghubungkan variabel hubungan dasar negara dengan konstitusi, dalam bentuk gagasan maupun pikiran secara tertulis.

II.          MATERI PEMBELAJARAN

Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Re-publik Indonesia

a.       Pokok pikiran pembukaan UUD 1945

b.      Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945

c.       Makna setiap alinia dalam pembukaan

III.       METODE PEMBELAJARAAN

Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV.       STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan1.    Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)

2.    Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini

3.    Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran

15’
  • Disiplin
  • Kerjasama
  • Keterampilan
2. Kegiatan Inti1.    Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2.    Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :

a.       Pokok pikiran pembukaan UUD 1945

b.      Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945

c.       Makna  alinia 1 dan 2 pembukaan

d.      Makna alenia 3 dan 4 pembukaan

3.    Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4.    Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5.    Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6.    Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7.    Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8.    Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep

55’
  • Kerjasama
  • Kesungguhan
  • Disiplin
  • Ujidiri
3. Penutup1.    Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep

2.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan

3.    Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari

4.    Guru bersama siswa melakukan refleksi

5.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya

6.    Guru menutup pelajaran dengan salam

20’
  • Pengendalian diri

V.          SUMBER BELAJAR

1.        Budiyanto. Kewarganegaraan untuk SMA kelas X. Jakarta. Erlangga. 2005.

2.        UUD 1945 yang Telah Diamandemen

3.        Buku-Buku Sumber yang Relevan

4.        Lembar Kerja Siswa

VI.       MEDIA

1.        Papan tulis

2.        Alat-alat tulis

3.        Power point

4.        OHP

5.        Lembar soal

VII.    PENILAIAN

A.      Tes Tertulis : essay

1.         Teknik                         : Tes tertulis

2.         Bentuk Instrumen       :  Essay

3.         Instrumen                    :

a.       Soal

1)        Amandemen UUD 1945 dilaksanakan berapa kali

2)        Sebutkan pasal-pasal yang di ubah pada amandemen pertama

3)        Apa isi pasal 8 ayat (1) yang di ubah pada amandemen ke tiga

b.      Jawaban

1)        Diamandemen 4 kali

2)        Ada 9 pasal yaitu : pasal 5 ayat (1), 7, 9 ayat (1) dan (2), 13 ayat (20 dan (3), 14 ayat (1) dan (2), 15, 17 ayat (2) dan (3), 20 ayat (1), (2), (3), dan94), pasal 21 ayat 91)

3)        Presiden ialah orang Indonesia asli; di ubah menjadi Calon presiden dan wakil presiden harus warga negara Indonesia sejak kelahirannya.

B.       Non Tes :

1.      Penilaian terhadap unjuk kerja berupa (performance test) yaitu presentasi dan           laporan tertulis hasil diskusi kelas

2.      Penilaian proses dan portofolio penilaian.

Lembar observasi diskusi kelompok

No Nama siswa Aspek yang dinilai Skor / jumlah
1 2 3 4 5 6
 

Aspek yang dinilai :

1.    Kemampuan menyampaikan pendapat

2.    Kemampuan memberikan argumentasi

3.    Kemampuan memberikan kritik

4.    Kemampuan mengajukan pertanyaan

5.    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar

6.    Kelancaran berbicara

Penskoran Jumlah Skor
AB

C

D

E

Tidak baikKurang baik

Cukup baik

Baik

Sangat baik

Skor 1Skor 2

Skor 3

Skor 4

Skor 5

24 – 3018 – 23

12 – 17

6 – 11

= Sangat baik= Baik

= Cukup

= Kurang

Format penilaian proses diskusi

No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan :                                                                Rentang skor 1 -3

12

3

4

5

Aktivitas dalam kelompokTanggung jawab individu

Pemikiran

Keberanian berpendapat

Keberanian tampil

2 – 159 – 11

6 – 8

3 – 5

= Sangat Baik= Baik

= Cukup

= kurang

Boyolali,      Juli 2011

Mengetahui

Kepala MA Darussalam Wonosegoro                            Guru Mata Pelajaran

M. Yusuf, S.Ag                                                              Kukuh Budiharso, S.Pd

NIP.                                                                                NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                      :     MA Darussalam Wonosegoro

Mata Pelajaran                           :     PKn

Materi Pokok                             :     Dasar negara dan konstitusi

Kelas/Semester                           :     X / 2 (dua)

Alokasi Waktu                           :     2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI     :     4.      Menganalisis hubungan dasar negara

dengan konstitusi

KOMPETENSI DASAR          :     4.4.    Menunjukkan si-kap positif terha-dap konstitusi  negara

INDIKATOR                           :     1.  Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia.

2.    Mendeskripsikan kesepa-katan dasar dalam me-lakukan perubahan.

3.    Menguraikan fungsi peru-bahan sebuah konstitusi

4.    Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN

a.              Siswa mampu melakukan kajian pustaka tentang hubungan dasar negara dengan konstitusi, dengan menggali dan mengolah informasi, serta mampu mengungkapkan secara lisan.

b.           Dengan mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi, siswa mampu menggali dan mengolah informasi, mengambil keputusan, menghubungkan variabel hubungan dasar negara dengan konstitusi, dalam bentuk gagasan maupun pikiran secara tertulis.

II.          MATERI PEMBELAJARAN

Perkembangan konstitusi Indonesia

1.    Periode berlakunya konstitusi

2.    Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945

3.    Kesepakatan dasar dalam melakukan peru-bahan

4.    Contoh perilaku positif terhadap konstitu-si negara

III.       METODE PEMBELAJARAAN

Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV.       STRATEGI PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Belajar Waktu ( menit ) Aspek lifeskill yang dikembangkan
1. Pendahuluan1.    Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)

2.    Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini

3.    Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran

15’
  • Disiplin
  • Kerjasama
  • Keterampilan
2. Kegiatan Inti1.    Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang, dinamakan kelompok kooperatif.

2.    Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri atas :

a.       Periode berlakunya konstitusi

b.      Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945

c.       Kesepakatan dasar dalam melakukan peru-bahan

d.      Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara

3.    Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.

4.    Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.

5.    Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.

6.    Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.

7.    Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.

8.    Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep

55’
  • Kerjasama
  • Kesungguhan
  • Disiplin
  • Ujidiri
3. Penutup1.    Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep

2.    Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan

3.    Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari

4.    Guru bersama siswa melakukan refleksi

5.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya

6.    Guru menutup pelajaran dengan salam

20’
  • Pengendalian diri

 

V.          SUMBER BELAJAR

1.        Budiyanto. Kewarganegaraan untuk SMA kelas X. Jakarta. Erlangga. 2005.

2.        UUD 1945 yang Telah Diamandemen

3.        Buku-Buku Sumber yang Relevan

4.        Lembar Kerja Siswa

VI.       MEDIA

1.        Papan tulis

2.        Alat-alat tulis

3.        Power point

4.        OHP

5.        Lembar soal

VII.    PENILAIAN

A.      Tes Tertulis : essay

1.         Teknik                         : Tes tertulis

2.         Bentuk Instrumen       :  Essay

3.         Instrumen                    :

a.    Soal

1)        Sebutkan isi dekrit presiden 5 Juli 1959

2)        Sebutkan contoh sikap positif terhadap konstitusi di lingkungan negara

3)        Sebutkan contoh sikap positif terhadap konstitusi di lingkungan masyarakat

b.   Jawaban

1)        Pembubaran konstituante, menetapkan UUD 1945 berlaku kembali dan tidak berlakunya UUDS 1950, dan pembentukan MPRS dan DPAS yang akan diselenggarakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

2)        Melaksanakan tata tertib keluarga yang telah disepakati, mengutamakan kepentingan keluarga daripada kepentingan pribadi, bersikap adil dan terbuka terhadap sesama anggota keluarga.

3)        Meningkatkan solidaritas bersama berdasar kekeluargaan, meningkatkan tanggung jawab terhadap kehidupan bermasyarakat, meningkatkan persatuan dan kegotong royongan antar sesama anggota masyarakat.

B.       Non Tes :

1.      Penilaian terhadap unjuk kerja berupa (performance test) yaitu presentasi dan           laporan tertulis hasil diskusi kelas

2.      Penilaian proses dan portofolio penilaian.

Lembar observasi diskusi kelompok

No Nama siswa Aspek yang dinilai Skor / jumlah
1 2 3 4 5 6
 

Aspek yang dinilai :

1.    Kemampuan menyampaikan pendapat

2.    Kemampuan memberikan argumentasi

3.    Kemampuan memberikan kritik

4.    Kemampuan mengajukan pertanyaan

5.    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar

6.    Kelancaran berbicara

Penskoran Jumlah Skor
AB

C

D

E

Tidak baikKurang baik

Cukup baik

Baik

Sangat baik

Skor 1Skor 2

Skor 3

Skor 4

Skor 5

24 – 3018 – 23

12 – 17

6 – 11

= Sangat baik= Baik

= Cukup

= Kurang

Format penilaian proses diskusi

No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan :                                                                Rentang skor 1 -3

12

3

4

5

Aktivitas dalam kelompokTanggung jawab individu

Pemikiran

Keberanian berpendapat

Keberanian tampil

2 – 159 – 11

6 – 8

3 – 5

= Sangat Baik= Baik

= Cukup

= kurang

Boyolali,      Juli 2011

Mengetahui

Kepala MA Darussalam Wonosegoro                            Guru Mata Pelajaran

M. Yusuf, S.Ag                                                                       Kukuh Budiharso, S.Pd

NIP.                                                                                          NIP.

 

artikel terkait :

 

About these ads

Perihal kukuh budiharso
KUKUH BUDIHARSO, lahir di Boyolali 17 Juni 1982. Menjadi pengajar(guru) selama 5 tahun dan kini menjalani tahun kelimanya menjadi seorang Guru Penjasorkes di MA negeri karanggede dan MA Darussalam Wonosegoro. Setiap hari mengajar, mencandai anak dan istri, menikmati udara, menakzimi bunyi jangkrik, kodok,kunang-kunang, dan kawan-kawannya. Tentu saja sambil meneruskan tugas sebagai pengajar sekaligus menulis di blog ini...........silahkan meng copy semua tulisan di blog ini... asal menyertakan link balik ke blog ini.. alangkah indahnya berbagi ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 757 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: